Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD)

Soraida Geminastiti, Sunsun (2010) Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan dengan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Semakin ketatnya persaingan bisnis ritel minimarket didalam negeri, perusahaan dalam hal ini minimarket Yomart perlu meningkatkan kualitas pelayananya serta meraih pangsa pasar yang tinggi maka perlu memperhatikan kepuasan pelanggan. Produk/jasa yang ditawarkan oleh berbagai minimarket bisa jadi sama tetapi perbedaanya dapat ditunjukan melalui cara yang diterapkan oleh pihak minimarket dalam melayani konsumen. Keandalan dalam system pelayanan menjadi penentu kepercayaan konsumen dalam memilih sebuah jasa pelayanan yang baik. Metode Quality Function Deployment (QFD), merupakan sebuah pendekatan untuk meningkatkan kualitas melalui tahapan proses perencanaan, pengembangan dan peningkatan kualitas sebuah produk atau jasa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap kualitas pelayanan jasa dengan mengetahui harapan dan penilaian konsumen terhadap kualits pelayanan Minimarket Yomart, mengevaluasi kualitas pelayanan jasa dengan mengetahui harapan dan penilaian konsumen, kemudian memberikan masukan kepada pihak minimarket mengenai palayanan jasa yang harus diperbaiki dan dikembangkan untuk kualitas pelayananya. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara dan observasi yang menggunakan alat ukur kuesioner. Dengan mengaplikasikan QFD akan memungkinkan terjadinya komunikasi antara pengguna (Voice Of Costumer) dengan pihak desain atau perusahaan. Kemudian, ditentukan suatu cara untuk menterjemahkan keinginan dari konsumen itu terwujud, hubungan antara atribut keinginan nasabah dengan karakteristik teknik perusahaan dapat menghasilkan atribut yang akan diprioritaskan dalam perbaikanya. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah menunjukan bahwa konsumen sangat menginginkan kenyamanan saat berbelanja. Prioritas utama yang harus dilakukan manajemen adalah meningkatkan aspek dari kerapihan dan kebersihan ruangan dalam menarik pelanggan baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: : Quality Function Deployment (QFD), House Of Quality (HOQ), dan Kualitas Pelayanan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:44
Last Modified: 16 Nov 2016 07:44
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/8798

Actions (login required)

View Item View Item