ANALISA SISTEM PENGEMBALIAN RETUR MELALUI KOLEKTOR DI PT. PIKIRAN RAKYAT BANDUNG.

Renaldy, Dedy (2007) ANALISA SISTEM PENGEMBALIAN RETUR MELALUI KOLEKTOR DI PT. PIKIRAN RAKYAT BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan informasi sangat cepat seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kebutuhan akan pelayanan informasi juga berkembang dengan pesat. Untuk menghadapi masalah ini, keberadaan teknologi komputer untuk berbagai keperluan sangat di perlukan. Pentingnya penggunaan komputer dapat di rasakan di seluruh bidang agar dapat berkompetisi dalam menghadapi persaingan bisnis. Media cetak seperti koran tampaknya masih merupakan media informasi yang cukup diminati oleh masyarakat, meskipun perkembangan media elektronik di Indonesia baru-baru ini mengesankan. Hal tersebut karena koran merupakan media informasi yang lebih fleksibel, informasinya dapat disimpan untuk waktu yang lebih lama dan keunggulan-keunggulan lainnya yang tidak dimiliki oleh media elektronik. Keunggulan-keunggulan tersebut telah mendorong banyak perusahaan untuk bergerak dalam industri penyedia jasa informasi khususnya melalui surat kabar(koran). Di Bandung sendiri perusahaan yang menyebarkan koran terbesar adalah PT. Pikiran Rakyat. Tujuan dari Pikiran Rakyat adalah menyediakan informasi yang tepat waktu untuk seluruh masyarakat Bandung. Untuk merealisasikan tujuan tersebut PT. Pikiran Rakyat perlu memperluas saluran distribusinya yang bertujuan untuk membantu media informasi tersebut sampai ketangan konsumen. Adapun salah satu saluran distribusi yang digunakan oleh pikiran rakyat adalah pedagang eceran/agen. Peranan penting saluran distibusi tersebut telah mendorong PT. Pikiran Rakyat untuk mengelola saluran distribusinya dengan baik. Hal ini dilakukan tentunya untuk meningkatkan kepuasan pedagang eceran/agen tersebut. Cara yang dilakukan oleh PT. Pikiran Rakyat dalam mengelola pedagang eceran diantaranya adalah dengan menyeleksi saluran distribusi, memotivasi saluran distribusi dan mengevaluasi saluran distribusi sehingga setiap anggota saluran distribusi Pikiran Rakyat tersebut dapat memberikan konstribusi yang optimal bagi perkembangan dan peningkatan keuntungan perusahaan. Tujuan terpenting dari pengelolaan saluran distribusi adalah untuk memberikan kepuasan bagi para pedagang eceran/agen agar Koran dapat terdistribusi langsung ke konsumen. Akan tetapi pada kenyataannya bahwa setiap harinya koran yang telah terdistribusi ke pedagang eceran/agen tidak dapat teterjual semuanya. Sehingga Koran-koran yang tidak terjual tersebut dikembalikan lagi oleh para pedagang eceran /agen ke PT. Pikiran Rakyat. Salah satu cara pengembalian koran-koran yang disebut juga retur melalui kolektor. Proses pengembalian ini telah diatur di dalam Prosedur Pengembalian Retur Melalui Kolektor. Prosedur ini dibuat agar pengembalian koran oleh para Agen dapat terdokumentasi dengan baik. Sehingga Prosedur yang jelas harus tertata dengan baik agar dapat membantu proses dokumentasi dan mampu mengefisienkan waktu serta tenaga. Sebagaian besar prosedur pengembalian Retur Melalui Kolektor Sirkulasi sudah tertata dengan baik namun dibeberapa bagian terdapat pemborosan dokumen dan terdapat beberapa data yang tidak terdokumentasi dengan baik. Sehingga pengembangan system dirasa perlu untuk mendapatkan sitem yang lebih baik. “Pengembangan system (systems development) dapat berarti menyusun suatu system yang baru untuk menggantikan system yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki system yang telah ada.” (Jogiyanto, 2005 : 35). Sistem yang lama perlu diperbaiki atau diganti disebabkan karena beberapa hal salah satu diantaranya karena adanya permasalahan-permasalahan (problems) yang timbul di system yang lama.

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Teknik > Teknik Informatika > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:44
Last Modified: 16 Nov 2016 07:44
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/8827

Actions (login required)

View Item View Item