Martha Silaen, Dewi (2007) SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB INTERNAL NETWORK VISUAL APPLICATION (INOVA) COPPER ACCESS NETWORK DI PT. TELKOM BERAU-KALIMANTAN TIMUR.
Full text not available from this repository.Abstract
PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk., yang selanjutnya disebut TELKOM atau Perseroan, merupakan perusahaan informasi dan komunikasi (InfoCom) serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap (full service and network provider) yang terbesar di Indonesia. Sebagai perusahaan yang tercatat di bursa lokal dan luar negeri, Telkom berkomitmen penuh mengembangkan dan menerapkan kebijakan serta praktek tata kelola perusahaan yang sesuai dengan standar pasar modal dunia. Telkom menyadari pentingnya prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG) sebagai alat untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan akuntabilitas kepada publik. Telkom telah secara gradual memperkuat kebijakan dan praktek tata kelola perusahaan, diantaranya dengan membangun struktur internal serta prosedur yang dapat mengimbangi tuntutan pemenuhan standar internasional seperti SOA (Sarbanes Oxley Act) dan ISO. Pada dasarnya, tata kelola perusahaan Telkom diseluruh Indonesia telah terintegrasi dengan sistem informasi berbasis client server yang pengelolaannya terpusat dikantor Divisi ataupun Unit Bisnis lainnya, mulai dari pengelolaan Bidang Sumber Daya Manusia (Training Need Analys), SKI Online (Sasaran Kerja Individu), Competancy Assessment Online (Cuti Online), bidang payment (OBC atau Operation Billing Customer Support System, SPPD Online, IPC (Integrated Payment Colection) dan aplikasi keuangan lainnya), dibidang Network (SISKA (Sistem Informasi Kastamer), Dashboard Online (untuk monitoring Gangguan, Monitoring Instalasi Network), dan masih banyak aplikasi-aplikasi lainnya yang terdapat pada setiap Divisi dan Unit Bisnis Telkom Lainnya. Sistem Informasi Kastamer (SISKA) suatu aplikasi yang berfungsi untuk mengelola data-data yang ada mulai dari data jaringan, data pelanggan, data service level guaranty for customer (Segmentasi layanan), dan data abonemen pelanggan. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan komunikasi yang mengakibatkan bertambahnya para pelanggan telkom, maka dirasa perlu ada aplikasi baru sebagai inovasi untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan terhadap pelanggan terutama pelanggan pada Cluster Corporate dan bisnis disamping tidak mengabaikan pelayanan prima kepada pelanggan Residensial dan Sosial. SISKA adalah sebuah aplikasi internal telkom yang mengelola data pelanggan dengan sekuritas dan akurasi data yang tinggi, dengan demikian hal ini menjadi masalah mengingat operasional harian kerja untuk penanganan gangguan dan instalasi, administrasi pelanggan telah di serahkan ke pihak ke-3 (tiga) sebagai langkah efektifitas dan efisiensi operasional keuangan perusahaan. Sementara mereka yang berhak untuk mengakses data-data SISKA hanya dikhususkan untuk Karyawan TELKOM, sehingga hal ini menyulitkan bagi para OutSourcing TELKOM terutama Kancatel Tanjung Redeb bagi mereka yang ingin mengakses data untuk keperluan pekerjaan (misalnya penanganan gangguan, dan instalasi telepon baru), mereka harus menghubungi Karyawan Telkom yang juga sibuk dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya. Karena hal tersebut diatas, maka untuk memudahkannya diperlukan suatu piranti lunak khusus yang berfungsi sebagai data kedua dari data-data SISKA yang bisa di-Upload dan di Download oleh rekan-rekan OutSourcing tanpa harus khawatir rusaknya kefalidan data SISKA sebagai core data. Dengan piranti lunak yang baru rekan-rekan Outsourcing memiliki akses untuk input dan edit data, yang kemudian setiap harinya perubahan data akan di Upload oleh Karyawan Telkom ke SISKA, sampai dengan laporan bulanan untuk performansi jaringan secara online. Oleh karena itu, pihak telkom memberikan tugas kepada kami untuk membangun sistem informasi berbasis web yang dinamakan INOVA C.A.N (Copper Access Network).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Laporan Kerja Praktek > Fakultas Teknik > Teknik Informatika > 2007 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:44 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:44 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/8854 |
Actions (login required)
View Item |