Febriany, Erina (2007) LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN DI PT. SURYAPUTRA SARANA BANDUNG.
Full text not available from this repository.Abstract
PT. Suryaputra Sarana didirikan oleh almarhum Bapak Sehawan Sumadihardja pada tanggal 1 April 1980. Diawal pendiriannya PT. Suryaputra Sarana berbebtuk perusahaan dagang dengan nama PD. Surya Motor yang awalnya berada di Jalan. Pesantren Wetan No. 7 Bandung. Seiring dengan perkembangan zaman dan kian maraknya industri otomotif serta didukung oleh tenaga – tenaga professional maka perusahaan dagang ini pun berkembang dan berubah statusnya menjadi Perseroan Terbatas (PT) degan nama PT. Suryaputra Sarana berdasarkan akta notaries Nanny Sukarya, S.H. nomor 8 tanggal 7 April 1989. akta pendirian ini telah disahkan oleh menteri kehakiman Republik Indonesia dengan surat keputusan Nomor C2-360-H t.01.01.Th 1990 tanggal 22 Januari 1990. serta diumumkan dalam barita negara Republik Indonesia No. 29 Tambahan No. 1323 tanggal 10 April 1990. Seiring perkembangan anggaran dasar perusahaan mengalami perubahan dengan akta dari notaries yang sama No. 8 tanggal 6 Maret 1998 mengenai peningkatan modal dasar. Akta tersebut disahkan oleh menteri kehakiman Republik Indonesia dengan surat keputusan NO. C2-5813-HT.01.04 tahun 1998 tanggal 3 Juli 1983. Anggaran dasar perusahaan kembali mengalami perubahan yang diaktakan oleh notaris Efamia Sujarwati Salim, S.H. No. 13 tahun 2001. Akta perubahan ini telah disahkan oleh menteri kehakiman dan hak asasi manusia Republik Indonesia dengan nomor surat C-07777HT.01.04.Th.2001 tanggal 7 September 2001 serta diumumkan dalam tambahan berita Negara Republik Indonesia No. 102 tanggal 21 Desember 2001. Dan terakhir anggaran dasar kembali mengalami perubahan dengan akta notaries yang dibuat oleh Efamia Sujarwati Salim, S.H. No. 30 Januari 2004. PT. Suryaputra Sarana adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa otomotif yang merupakan salah satu agen resmi PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motor untuk daerah Bandung dan sekitarnya. PT. Suryaputra Sarana memiliki tujuan untuk melayani pemilik mobil khususnya yang bermerk Mitsubishi dalam hal pembelian, perbaikan, pemeliharaan dan Spare Part. Kegiatan usaha PT. Suryaputra Sarana antara lain : penyediaan ruang pamer (show room), pusat suku cadang (spare part center), bengkel, perbaikan dan pemeliharaan serta tempat penyaluran mobil Mitsubishi. Mengacu pada visi dan misi perusahaan maka budaya perusahaan yang tercipta di PT. Suryaputra Sarana berdasarkan atas kerjasama dan kekeluargaan. Seiring perkembangan PT. Suryaputra Sarana membuat berbagai macam program yang tujuannya tentu saja untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan. Beberapa contoh kegiatan atau program PT. Suryaputra Sarana dalam memberikan peningkatan kesejahteraan karyawan diantaranya, mengedakan acara syukuran yang diperuntukkan bagi karyawan yang berulang tahun dengan periode waktu 3 bulan sekali, acara employe and family bathering yang diadakan setiap 1 tahun sekali, dengan mengunjungi berbagai tempat wisata baik di Bandung ataupun kota lain seperti Jakarta, Cianjur, ataupun Garut. Beberapa acara yang selalu diadakan setiap tahun oleh PT. Suryaputra Sarana untuk karyawan ialah acara ulang tahun perusahaan, Idul Fitri, Idul Adha, Tahun Baru, dan Natal, diman dalam acara – acara tersebut biasanya para karyawan akan mendapatkan hadiah atau bingkisan bisa berupa parcel, sembako, ataupun aksesoris dengan logo Suryaputra. Selain itu karyawan PT. Suryaputra Sarana pun diberikan fasilitas kesehatan berupa senam aerobic untuk para karyawati setiap hari jumat, fitness bersama karyawan PT. Suryaputra Sarana pada hari rabu, dan badminton antar karyawan pada hari sabtu. Karyawan juga diberikan beberapa kemudahan dalam memiliki kendaraan pribadi, karena PT. Suryaputra Sarana memberikan kredit kendaraan tanpa bunga dan pinjaman tanpa bunga. Asuransi Jamsostek, khusus untuk karyawan di divisi bengkel dan spare part, pada setiap hari rabu dan sabtu akan mendapatkan susu, dalam hal ini PT. Suryaputra Sarana bekerjasama dengan perusahaan susu Ultra Jaya dan Yakult. Sampai saat ini pelayanan terbaik pun diberikan kepada konsumen yang datang baik untuk membeli kendaraan atau spare part dan bagi mereka yang ingin melakukan perbaikan (service) di PT Suryaputra Sarana. Bagi mereka yang membeli kendaraan di PT. Suryaputra Sarana akan mendapatkan 2 kali service gratis. Service gratis I dilakukan ketika mobil berada pada jarak tempuh 1000 Km, sedangkan service gratis II dilakukan ketika jarak tempuh mobil mencapai 5000 Km. Selain itu PT. Suryaputra Sarana juga mengingatkan para konsumennya ketika kendaraannya harus menjalani proses pengecekan, biasanya PT. Suryaputra Sarana menggunakan berbagai media dalam pelaksanaannya. Pengingatan ini dikenal dengan sebutan follow customer. Media yang digunakan diantaranya melalu surat, SMS, telepon, fax, bahkan email. PT. Suryaputra Sarana juga menyediakan fasilitas booking service, layanan gebyar paket service, dan curtomer gathering. PT. Suryaputra Sarana juga selalu mendata siap saja yang menjadi pelanggan setianya, dengan demikian bila pelanggan tersebut merayakan hari besarnya seperti; ulang tahun, perkawinan ataupun kenaikan jabatan maka PT. Suryaputra Sarana akan mengirimkan ucapan selamat baik itu melalui kartu, rangkaian bunga ataupun parcel kepada pelanggan yang sedang berbahagia tersebut. Perlu diketahui, selama dua dekade berdirinya PT. Suryaputra Sarana, mereka masih belum memiliki lembaga humas yang melembaga (State of being), oleh karena itu kegiatan humas yang dilakukan masih method of communication, dimana kegiatan kehumasan dilakukan oleh 2 divisi lain yaitu divisi personalia dan branch manager.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Laporan Kerja Praktek > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2007 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:44 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:44 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/8905 |
Actions (login required)
View Item |