Nuryati, Yeti (2007) TINJAUAN ATAS KEBIJAKAN PENENTUAN HARGA JUAL PADA CV. ARMICO BANDUNG.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam memasuki era perdagangan bebas sekarang ini, Indonesia dituntut untuk melakukan pembangunan di segala bidang. Terbatasnya sektor pemerintah, menyebabkan sektor swasta lebih dominan memainkan peranannya. Kemudahan-kemudahan yang diberikan dalam perdagangan bebas menyebabkan banyak perusahaan bermunculan dengan segala kelebihannya sehingga persaingan antar perusahaan menjadi suatu yang tidak dapat dihindarkan. Hal ini menuntut manajemen memberikan yang terbaik bagi masyarakat untuk dapat menenangkan persaingan. Banyak perusahaan kecil yang makin terpuruk bahkan perusahaan besar ataupun perusahaan industri mengalami hal yang sama sehingga kondisi seperti ini harus mendapat perhatian yang seksama dari pihak manajemen maupun pimpinan perusahaan. Perkembangan dunia usaha khususnya perusahaan-perusahaan industri saat ini semakin pesat dan meluas. Perkembangan perusahaan industri mengakibatkan timbulnya suatu persaingan dalam pemasaran hasil produksi dan harga produk. Oleh karena itu, untuk mempertahankan kelangsungan usaha di era kompetisi yang semakin tajam ini, perusahaan-perusahaan merubah strategi pemasaran dengan meletakan kepuasan konsumen sebagai kompetisi utama dan mengarahkan kegiatan bisnis perusahaan. Perusahaan harus mampu menghasilkan produk atau jasa yang bermutu dengan harga yang rendah untuk dapat tetap mempertahankan usahanya. Untuk itu manajemen perlu melakukan pengambilan keputusan untuk menentukan harga jual produk dan jasa. Dalam persaingan yang ketat dan dorongan konsumen yang selalu menginginkan harga yang murah dengan kualitas tinggi, mengakibatkan perlunya perusahaan meningkatkan efisiensi dan produksi. Sehubungan dengan itu, maka harga pokok produk mempunyai peranan yang sangat penting dalam penentuan harga jual. Harga jual produk harus dipertimbangkan secara teliti karena jika perhitungan harga jual produk keliru, maka laba yang diperoleh juga keliru. Untuk itu kebijakan harga jual perlu diperhatikan dengan baik. Umumnya harga jual produk atau standar ditentukan oleh pertimbangan permintaan dan penawaran di pasar sehingga biaya bukan merupakan satu-satunya faktor penentu harga jual. Karena permintaan konsumen atas produk dan jasa tidak mudah ditentukan oleh manajer penentu harga jual, manajer tersebut akan menghadapi banyak ketidakpastian, seperti selera konsumen, jumlah pesaing dan harga jual yang ditentukan oleh pesaing. Keputusan penentu harga jual akan selalu terjadi di setiap perusahaan CV. ARMICO adalah perusahaan yang bergerak dibidang pencetakan dan penerbitan buku-buku pelajaran dengan para pegawainya yang cukup banyak dan mempunyai aktivitas tinggi. Berdasarkan uraian di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang akan dituangkan dalam bentuk Laporan Kerja Praktek dengan judul: “Tinjauan Atas Kebijakan Penentuan Harga Jual Pada CV. ARMICO”.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Laporan Kerja Praktek > Fakultas Ekonomi > Akuntansi > 2006 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:45 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:45 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9066 |
Actions (login required)
View Item |