Hariadi, Dian (2007) ANALISA SISTEM PELAYANAN TERPADU BERBASIS ONLINE DI PT. JAMSOSTEK (PERSERO) CABANG BANDUNG II.
Full text not available from this repository.Abstract
Jaminan sosial tenaga kerja (JAMSOSTEK) adalah program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi resiko sosial ekonomi tertentu yang penyelenggaraannya menggunakan mekanisme asuransi sosial. sebagai program public, jamsostek memberikan hak dan membebani kewajiban secara pasti (compulsory) bagi pengusaha dan tenaga kerja berdasarkan undangundang no.3 tahun 1992, berupa santunan tunai dan pelayanan medis sedangkan kewajiban peserta adalah tertib administrasi dan membayar iuran. Program jamsostek memberikan perlindungan bersifat dasar, untuk menjaga harkat dan martabat manusia jika mengalami resiko-resiko social ekinomi dengan pembiayaan yang terjangkau oleh pengusaha dan tenaga kerja, resiko social ekonomi yang ditanggulangi oleh program jamsostek, terbatas saat terjadi perstiwa kecelakaan, sakit, hamil, bersalin, cacat hari tua,dan meninggal dunia, yang mengakibatkan berkurangnya atau terputusnya penghasilan tenaga kerja dan/membutuhkan perawatan medis. Jamsostek dilandasi filosofi kemandiriandan harga diri untuk mengatasi resiko sosial ekonomi. Kemandirian berarti tidak tergantung orang lain dalam membiayai perawatan pada waktu sakit, kehidupan dihari tua maupun keluarganya bila meninggal dunia. Harga diri berarti jaminan tersebut diperoleh sebagai hak dan bukan belas kasihan orang lain. Agar pembiayaan dan manfaatnya optimal, pelaksanaan Program Jamsostek dilakukan secara gotong royong, dimana yang muda membantu yang tua yang sehat membantu yang sakit dan berpenghasilan tinggi membantu yang berpenghasilan rendah. Saat ini PT.Jamsostek mempunyai sitem informasi pelayanan terpadu yang berbasis online yang lebih dikenal dengan dengan sebutan SIPT. SIPT dijamsostek dapat memberikan kinerja yang cepat khususnya dalam proses administrasi seperti penginputan data peserta jamsostek, pembuatan kartu peserta jamsostek dan membuat laporanlaporan penting lainnya. Dengan adanya SIPT ini data yang dihasilkan akan lebih cepat diolah dan diproses. Salah satu aplikasi pengolahan data yang ada dijamsostek saat ini adalah aplikasi system pengolahan data PASTEK atau aplikasi pengolahan dan transfer data yang cepat keSIPT online. Dengan adanya system pengolahan data PASTEK data-data yang dihasilkan lebih akurat dan secara otomatis masuk keSIPT online. SIPT online di PT.Jamsostek ini baru berjalan satu tahun dan masih ada beberapa kelemahan khususnya dibidang teknologinya sendiri seperti koneksi jaringan yang masih cukup lambat. Dari penjelasan tersebut penulis mengangkat judul kerja praktek ini sebagai “ANALISA SISTEM PELAYANAN TERPADU BERBASIS ONLINE”. Dengan harapan dapat mengetahui kekurangan yang masih terdapat dalam sistem yang digunakan. 1.1.1 Identifikasi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Laporan Kerja Praktek > Fakultas Teknik > Teknik Informatika > 2007 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:45 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:45 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9221 |
Actions (login required)
View Item |