Efektivitas Pelayanan Publik Mengenai Sertifikat Tanah melalui Sistem Informasi dan Manajemen Pertanahan Nasional (SIMTANAS) pada Kantor Pertanahan Kota Tangerang Tahun 2007

Rukmini (2010) Efektivitas Pelayanan Publik Mengenai Sertifikat Tanah melalui Sistem Informasi dan Manajemen Pertanahan Nasional (SIMTANAS) pada Kantor Pertanahan Kota Tangerang Tahun 2007. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena dilatar belakangi oleh adanya penggunaan pelayanan SIMTANAS yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan informasi-informasi pertanahan terhadap masyarakat. Penelitian ini difokuskan sampai sejauhmana terlaksananya Efektivitas Pelayanan Publik Mengenai Sertifikat Tanah Melalui SIMTANAS Pada Kantor Pertanahan Kota Tangerang Tahun 2007. Teori yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah teori Pemberdayaan Sumber Manusia dan Efektivitas Organisasi dari Gibson et.al dalam penyusunan penelitian ini terdiri dari tujuh indikator, yaitu dimensi produktivitas, kualitas, efesiensi, fleksibilitas, keunggulan, pengembangan, dan kepuasan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui studi pustaka, studi lapangan dan observasi serta dengan melakukan wawancara, informan dalam penelitian ini adalah aparatur Kantor Pertanahan Kota Tangerang. dengan menggunakan teknik purposive (pengambilan informan berdasarkan tujuan). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Pelayanan Publik Melalui SIMTANAS Pada Kantor Pertanahan Kota Tangerang. sudah berjalan tetapi belum maksimal, sehingga terdapat beberapa kendala yang dihadapi. Kendala yang dihadapi Kantor Pertanahan Kota Tangerang tersebut yaitu masih kurangnya sumber daya manusia yang ahli untuk mempergunakan sarana teknologi yang tersedia guna menunjang terlaksananya Pelayanan Publik Melalui SIMTANAS Pada Kantor Pertanahan Kota Tangerang. Penggunaan SIMTANAS akan berjalan dengan optimal, apabila didukung oleh penyediaan sumber daya manusia yang memadai, jaminan infrastruktur sebagai sarana pendukung dan perawatan sistem yang sesuai dengan perkembangan teknologi. Menghadapi kendala tersebut, maka Kantor Pertanahan Kota Tangerang seharusnya mencari dan menyaring tenaga ahli yang dapat meggunakan sarana teknologi khususnya di bidang komputerisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Sertifikat Tanah, Sistem Informasi, Manajemen, SIMTANAS
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:45
Last Modified: 16 Nov 2016 07:45
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9264

Actions (login required)

View Item View Item