Implementasi Algoritma Neural Network Backpropagation Pada Solusi Pemainan Dazzle

Usman, Abdulah (2016) Implementasi Algoritma Neural Network Backpropagation Pada Solusi Pemainan Dazzle. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dazzle adalah permainan bergenre puzzle berbasis mobile. Permainan dazzle terdiri dari sebuah matriks 4x4 berisi 2 pasang karakter yang memiliki status yang paling kecil dan tersebar secara acak pada area permainan. Pada permainan dazzle pemain harus menggabungkan karakter karakter yang ada pada area permaianan. Pada permainan ini pemilihan jalur untuk pergeseran karakter yang akan digabungkan sangat berpengaruh untuk memenangkan permainan, jika pemilihan jalur tidak tepat maka area permainan akan dipenuhi karakter yang tidak dapat digabungkan dan permainan selesai atau dianggap kalah.Dibutuhkan algoritma yang dapat memberikan solusi untuk pemilihan jalur penggabungan karakter pada permainan dazzle berupa pergerakan arah ke atas, bawah, kanan, kiri. Terdapat banyak algoritma yang dapat digunakan untuk memberikan solusi pencarian jalur pada sebuah game. berdasarkan hasil dari beberapa jurnal algoritma neural network backpropagation dapat diimplementasikan pada sebuah game yang digunakan untuk memprediksi penempatan bidak pada permainan tic tac toe pada lawan main (komputer). Pada penelitian ini algoritma neural network backpropagation akan digunakan untuk memprediksi langkah yang harus diambil untuk menggeserkan karakter ke arah (kiri, kanan, atas, bawah). Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan implementasi algoritma neural network backpropagation dapat digunakan untuk memprediksi jalur yang harus dipilih untuk menggeserkan karakter, dari arsitektur yang dibuat hanya dapat memprediksi satu langkah kedepan saja. Dari dataset yang digunakan memiliki akurasi prediksi yang dihasilkan sebesar 54.65% menggunakan parameter learning rate 0.2 batas error 0.00001 dan menggunakan 9 perceptron pada hidden layer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Computer Vision, Permainan, Dazzle, Neural Netowrk Backpropagation
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:34
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item View Item