Oktavianto, Andri (2007) PROSEDUR DAN LANGKAH KERJA SURAT PERINTAH MEMBAYAR (SPM) PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (Persero) KANTOR CABANG BANDUNG.
Full text not available from this repository.Abstract
Perbankan merupakan sektor utama dalam perekonomian suatu negara, karena hampir seluruh kegiatan ekonomi terutama yang menyangkut transaksi keuangan menggunakan jasa perbankan. Seperti kita ketahui bahwa fungsi Bank yang utama sebagai lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat yang mengalami surplus dalam bentuk simpanan kemudian menyalurkannya kembali ke masyarakat yang kekurangan dana dalam bentuk kredit. Sebelum masa krisis moneter banyak bank di Indonesia yang beroperasi dalam rangka melaksanakan salah satu tugasnya yaitu mengawasi dan melayani nasabah dalam menerima penyimpanan dana masyarakat dari berbagai bentuk, menyalurkan dana tersebut dalam bentuk kredit kepada masyarakat yang memerlukan baik dalam rangka mengembangkan usahanya maupun untuk keuangan pribadi dan melaksanakan berbagai jasa yang diperlukan masyarakat dalam kegiatan perdagangan dan pembayaran dalam negeri maupun luar negeri. Namun setelah krisis moneter banyak bank di Indonesia yang dilikuidasi oleh Bank Indonesia karena dinilai keadaan bank tersebut sudah tidak sehat dan tidak layak lagi untuk beroperasi. Hal tersebut menyebabakan berkurangnya kepercayaan masyarakat kepada dunia perbankan. Untuk mengembalikan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat pada perbankan, menuntut perbankan meningkatkan kualitas dan pelayanan para nasabah serta terus berinovasi untuk menciptakan produkproduk yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. PT. Bank Tabungan Negara (Persero) merupakan salah satu bank yang berbentuk Badan Usaha Mlik Negara (BUMN) yang ada di Indonesia berorientasi pada kegiatan operasionalnya dalam bentuk fasilitas kredit, yaitu pembiayaan proyek pembangunan perumahan rakyat atau dikenal dengan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) BTN. Disamping memberikan layanan Kredit Perumahan Rakyat (KPR) BTN, PT. Bank Tabungan Negara (Persero) juga memberikan layanan simpanan dalam bentuk Tabungan, Giro, Deposito dan Kredit. Serta layanan jasa lainnya seperti menerima pembayaran telepon, pembayaran listrik, transfer, dan jual beli valuta asing. Dibalik semua layanan yang disediakan untuk melayani masyarakat tentunya PT.Bank Tabungan Negara tidak terlepas dari kegiatan – kegiatan intern yang diperlukan untuk menunjang aktifitas perbankan, Surat Perintah Membayar (SPM) adalah salah satunya. Dengan adanya SPM kegiatan intern perbankan lebih terbantu disamping itu SPM bisa dijadikan sarana pengontrol siklus pengeluaran keuangan. SPM ini memiliki prosedur - prosedur dan alur – alur informasi tersendiri dalam proses pelaksanaannya, sistem komputerisasi dalam pengerjaanya serta penataan data yang tersusun rapih menambah daya tarik bagi penulis untuk melakukan penelitian.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Laporan Kerja Praktek > Fakultas Teknik > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2007 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:45 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:45 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9543 |
Actions (login required)
View Item |