PENGOPERASIAN PCDB(PERSONAL CUSTOMER DATABASE) & PCIS(PERSONAL CUSTOMER INFORMATION SYSTEM) DI PRIME CUSTOMER CARE PT.TELKOM KAND

Lestari, Meliana and Purnamasri, Yeni (2007) PENGOPERASIAN PCDB(PERSONAL CUSTOMER DATABASE) & PCIS(PERSONAL CUSTOMER INFORMATION SYSTEM) DI PRIME CUSTOMER CARE PT.TELKOM KAND.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dengan berkembangnya kemajuan teknologi di era globalisasi ini dan adanya pasar bebas, akan membuat persaingan di dunia kerja semakin ketat, terlebih di dunia teknologi hampir di semua bidang menggunakan sistem komputerisasi dalam pengoperasian dan pelaksanaan kegiatan operasional pekerjaannya, sedangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Indonesia ada yang sudah merasa siap, dan ada pula yang belum siap dengan persaingan tersebut, padahal SDM yang di butuhkan sekarang ini adalah SDM yang berkualitas dalam segi intelektual maupun dalam segi sosial. Karena keadaan tersebut, maka dalam segi pendidikan di Indonesia harus lebih ditingkatkan agar SDM di Indonesia bisa bersaing dengan yang lainnya. Tidaklah cukup hanya sekedar mempelajari teori dalam dunia pendidikan karena akan sangat tidak efisien jika ilmu yang didapatkan atau dipelajari di Perguruan Tinggi ,tidak di implementasikan di dunia nyata atau lebih spesifiknya di dunia kerja. Dengan diadakannya pelaksanaan kerja praktek dalam lingkungan Perguruan Tinggi bisa mengembangkan dan mempraktekan ilmu yang telah di pelajari untuk tujuan diatas yang telah disebutkan karena dalam kerja praktek mahasiswa/i bisa terjun langsung ke dunia kerja yang akan di hadapinya nanti setelah mencapai kelulusan di Perguruan Tinggi, sehingga mahasiswa sudah terbiasa dan tidak kaget lagi dengan dunia kerja yang akan dihadapi dengan jumlah pesaing yang sebegitu besarnya di masa yang akan datang baik pesaing dari dalam maupun dari luar negeri. Salah satu contoh misalnya penyusun mengambil tempat kerja praktek yaitu di PT.TELKOM di unit Customer Care Kandatel Bandung yaitu di Prime Customer Care. PT.TELKOM merupakan perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi dan merupakan perusahaan yang besar dan memiliki banyak konsumen. Untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan maka baru – baru ini dibentuk salah satu subunit yang dinamakan PRIME CUSTOMER CARE. Dikarenakan begitu banyaknya pelanggan PT.TELKOM dengan berbagai jenis jumlah pembayaran baik besar maupun kecil, jika tidak dilakukan segmentasi akan sangat susah untuk mengelolanya karena itu pelanggan – pelanggan tersebut harus di spesifikasikan berdasarkan jumlah pembayaran telepon yang dikelola oleh unit Customer Care. Untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan yang telah menggunakan jasa telekomunikasi di PT.TELKOM yang sudah lama berlangganan ataupun yang baru mendaftar adalah dengan mensegmenkan lewat subunit dari unit Customer Care. Pengelolaan pelanggan – pelanggan tersebut dengan menggunakan sistem yang dinamakan PCDB (Personal Customer DataBase) dapat mengecek data – data telekomunikasi telepon tersebut sehingga pelanggan tadi akan menjadi Prime Customer,dan dapat diberikan pelayanan yang lebih di utamakan oleh PT.TELKOM .

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Teknik > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:45
Last Modified: 16 Nov 2016 07:45
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9571

Actions (login required)

View Item View Item