Andriyana, Soeh (2010) Usulan Sistem Perawatan Terhadap Komponen Kritis Lokomotif dengan Menggunakan Metode Kaca. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.
Full text not available from this repository.Abstract
Seiring dengan berkembangnya kemajuan jaman, transportasi merupakan alat penghubung bagi setiap aktifitas kegiatan manusia. Oleh sebab itu transportasi adalah bagian dari fasilitas publik yang harus diperhatiakan keandalannya. Keandalan dari suatu tranportasi di tentukan oleh kualitas transportasi itu sendiri, namun dalam penggunaannya harus menggunakan perawatan yang baik guna memenuhi pelayanan terhadap publik. Perawatan itu sendiri merupakan kegiatan pendukung utama untuk menjamin kelangsungan peranan fungsional suatu sistem produksi (mesin) sehingga pada saat dibutuhkan dapat dipakai sesuai kondisi yang diharapkan. Dengan demikian perlu adanya sistim perawatan yang baik guna mengatasi kerusakan yang akan terjadi pada mesin. Penelitian ini dilakukan di Dipo Lokomotif Bandung. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah belum adanya metode perawatan yang optimal yang dilakukan perusahaan seperti tidak adanya perawatan pencegahan dalam pemeliharaan atau perawatan yang dilakukan. Perawatan yang ada hanya terfokus pada pengecekan, pembersihan mesin, memperbaiki atau penggantian komponen yang rusak serta penggantian oli. Hal ini akan berdampak pada mesin mudah rusak atau keandalan mesin akan berkurang serta kinerja dari mesin tidak akan optimal. Penelitian ini menggunakan metode Failure Mode Effects and Criticality Analisys (FMECA). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kerusakan yang dialami mesin, mencari penyebab serta akibat yang ditimbulkan oleh rusaknya komponen, dan mengidentifikasi efek-efek buruk yang akan terjadi apabila mesin tersebut mengalami kerusakan. Pada penelitian ini dilakukan sesuai dari prosedur metode yang digunakan. Dari penelitian yang dilakukan di Dipo Lokomotif ini, dengan menggunakan metode FMECA dapat diketahui komponen kritis yang menempati prioritas dalam tindakan perawatan, yaitu komponen crankshaft, cyl assy, assembly piston nozzle dan carbon brush alternator. Kerusakan yang dialami oleh keempat komponen ini adalah aus serta mengalami keretakan. Dari hasil penelitian ini diharapkan perusahaan dapat mengetahui kerusakan mesin serta mampu melakukan tindakan perbaikan yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | RPN (Risk Priority Number), Failure Mode Effects and Criticality Analysis. |
Subjects: | S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2009 |
Divisions: | Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1) |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 07:45 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 07:45 |
URI: | http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/9705 |
Actions (login required)
View Item |