SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) MAHASISWA DI PUSAT VULKANOLOGI DAN MITIGASI BENCANA GEOLOGI (PVMBG)

Budi Chandra, Arif and Permana, Deni and Taman, Muhammad (2007) SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) MAHASISWA DI PUSAT VULKANOLOGI DAN MITIGASI BENCANA GEOLOGI (PVMBG).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Di era globalisasi ini sangatlah penting suatu sistem dapat dikerjakan secara komputerisasi. Sangat sulit bersaing suatu instansi dengan instansi lainnya bila suatu masalah masih dipecahkan dengan menggunakan cara manual atau hanya mengandalkan otak dan tenaga manusia.. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Badan Geologi atau biasa yang disingkat PVMBG adalah sebuah instansi yang mengamati kegiatan gunungapi dan potensi bencana alam yang ada di Indonesia. Instansi ini berdiri pada tahun 1920 dengan nama Vulkaan Bewakings Dients (Dinas Penjagaan Gunungapi). Instansi ini selain mengamati gunungapi juga membuat sistem informasi untuk penanganan potensi bencana alam dan kegiatan gunungapi yang berfungsi untuk meminimalisir dampak negatif dari letusan gunungapi atau bencana alam. Dalam perkembangannya, PVMBG juga menerima permohonan PKL (Praktek Kerja Lapangan) dari para siswa atau mahasiswa yang ingin mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat dan juga menimba ilmu baru yang tidak didapatkan di universitas atau sekolah. Dalam hal ini PVMBG akan memberikan tema PKL sesuai dengan jurusan dan kemampuan dari siswa atau mahasiswa yang mengajukan permohonan PKL. 1 Namun dalam sistem pengelolaan data PKL mahasiswa, PVMBG masih menggunakan cara manual. Hal ini disebabkan karena SDM yang merancang sistem informasi di instansi ini sudah cukup disibukkan dengan mengatur sistem informasi pengelolaan gunungapi dan potensi bencana alam yang harus sering diperbaharui dan juga harus mengurus sistem informasi di dalam gedung itu sendiri. Kendala ini ditambah dengan terbatasnya SDM yang ada untuk merancang sistem informasi di PVMBG. 2

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Teknik > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:46
Last Modified: 16 Nov 2016 07:46
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/10085

Actions (login required)

View Item View Item