SISTEM PENCATATAN DATABASE INFORMASI PERPANJANGAN IZIN PENYELANGGRAAN PROGRAM STUDI PADA KANTOR KOPERTIS WILAYAH IV DI BANDUNG

Dewi E S, Maria and Meikawati, Yenti (2007) SISTEM PENCATATAN DATABASE INFORMASI PERPANJANGAN IZIN PENYELANGGRAAN PROGRAM STUDI PADA KANTOR KOPERTIS WILAYAH IV DI BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kantor Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (KOPERTIS) Wilayah IV di Bandung adalah merupakan Instansi Pemerintah yang berada dan bertanggung jawab kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang mempunyai tugas dan wewenang untuk mengatur dan mengkoordinasikan Perguruan Tinggi Swasta yang berada di Wilayah Jawa Barat dan Banten. Sebagai Instansi Pemerintah KOPERTIS memberikan pelayanan teknis di bidang pembinaan dan pengembangan pengelolaan Perguruan Tinggi Swasta di wilayah kerjanya. Hampir di setiap propinsi di wilayah Indonesia terutama di kota-kota besar didirikan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS), sehingga dapat memberikan peluang dan kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang lebih tinggi. Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi yang dapat berbentuk Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Institut, atau Universitas. Gambaran keadaan ini mengisyaratkan bahwa perhatian masyarakat dalam dunia pendidikan semakin meningkat untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Usaha masyarakat ini perlu disambut baik dengan menetapkan berbagai aturan pembinaan sesuai perkembangan yang di alami. Sesuai dengan Diktum Kedua Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.34/DIKTI/Kep/2002 setiap PTS wajib memberikan laporan tentang Evaluasi Akademik Penyelenggaraan Program Studi yang dilakukan pada setiap akhir semester. Pimpinan Perguruan Tinggi wajib bertanggung jawab untuk menyelenggarakan program studi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Untuk mewujudkan tujuan pengawasan, pengendalian dan pembinaan, maka setiap kegiatan yang dilaporkan harus dilakukan pencatatan. Proses pencatatan dilakukan secara manual dan terkomputerisasi. Data-data yang telah dicatat, disimpan dan diarsipkan dalam bentuk file maupun dokumen. Dengan adanya proses pencatatan secara terkomputerisasi akan sangat membantu dan mempermudah kegiatan aktivitas di KOPERTIS. Salah satu program yang dirancang adalah SIM DIREKTORI PTS (Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi Swasta) dengan menggunakan program aplikasi Microsoft Visual FoxPro 6.0.

Item Type: Article
Subjects: Laporan Kerja Praktek > Fakultas Teknik > Komputerisasi Akuntansi > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:46
Last Modified: 16 Nov 2016 07:46
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/10242

Actions (login required)

View Item View Item