Peranan Penagihan Pajak Dalam Mengatasi Peningkatan Tunggakan Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak di Lingkungan Kota Bandung

Legianawati, Gilang (2010) Peranan Penagihan Pajak Dalam Mengatasi Peningkatan Tunggakan Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak di Lingkungan Kota Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menelaah dan menganalisis Peranan Penagihan Pajak Dalam mengatasi Peningkatan Tunggakan Pajak berdasarkan UU KUP No. 6 Tahun 1983 sebagaimana telah diubah terakhir dengan UU KUP No. 16 Tahun 2000 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan jo UU No. 19 Tahun 1997 sebagaimana telah diubah dengan UU No. 19 Tahun 2000 tentang Penagihan Pajak dengan Surat Paksa. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakannya, disamping memberikan penjelasan dan pemahaman secara benar kepada masyarakat mengenai kegiatan penagihan pajak dan pengaruhnya terhadap peningkatan tunggakan pajak. Penulis menggunakan data hasil kuesioner dan dari hasil penagihan tahun 2006 sampai dengan tahun 2007. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara penagihan pajak (variable X) dengan tunggakan pajak (variable Y), maka digunakan pendekatan koefisien korelasi pearson. Penagihan pajak pada Kantor Pelayanan Pajak di Lingkungan Kota Bandung dilakukan dengan menerbitkan Surat Teguran, Surat Paksa, Surat Perintah Melakukan Penyitaan, Pengumuman Lelang dan Pelelangan. Berdasarkan hasil pengujian, menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat dan negatif antara penagihan pajak dengan tunggakan pajak. Jadi dapat disimpulkan bahwa tindakan penagihan pajak berperan dalam mengatasi peningkatan tunggakan pajak pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Lingkungan Kota Bandung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: : Pajak, Penagihan Pajak, Tunggakan Pajak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:47
Last Modified: 16 Nov 2016 07:47
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/10603

Actions (login required)

View Item View Item