Pengaruh Manajemen Persediaan Terhadap Tingkat Penegmbalian Investasi (kasus pada perusahaan industri makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2007)

Mulyasari, (2010) Pengaruh Manajemen Persediaan Terhadap Tingkat Penegmbalian Investasi (kasus pada perusahaan industri makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2007).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Manajemen persediaan yang baik dapat dilihat dari efisiensi dan efektivitas persediaan. Makin pendek perputaran persediaan, semakin tinggi perputaran persediaan yang ada di perusahaan dan perusahaan semakin efisien dalam menghasilkan profitabilitas. Manajemen persediaan yang baik dibutuhkan dalam penentuan jumlah persediaan yang harus dimiliki oleh perusahaan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh manajemen persediaan terhadap Return on Investment pada perusahaan industri makanan dan minuman di BEI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan kuantitatif. Unit analisis dari penelitian ini adalah manajemen persediaan dan return on investment, yang di ambil dari laporan keuangan 16 perusahaan industri makanan dan minuman di BEI tahun 2007. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian statistik yang digunakan adalah regresi linier, koefisien korelasi pearson, koefisien determinasi, uji t dengan menggunakan aplikasi SPSS 14.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen persediaan pada perusahaan industri makanan dan minuman di BEI tahun 2007 fluktuatif, dikarenakan harga pokok penjualan dan jumlah persediaan pada setiap perusahaan berbeda. Return on Investment pada perusahaan industri makanan dan minuman di BEI tahun 2007 berfluktuatif dikarenakan laba yang diperoleh setiap perusahaan juga fluktuatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa manajemen persediaan berpengaruh terhadap ROI dengan besarnya pengaruh 31,25% dan sisanya sebesar 68,75% dipengaruhi oleh faktor lain seperti kas, utang, aktiva tetap dan harga saham.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Manajemen Persediaan, Return on Investment (ROI), perusahaan industri.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:47
Last Modified: 16 Nov 2016 07:47
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/10630

Actions (login required)

View Item View Item