Membangun Aplikasi Collaborative Learning Berbasis Web 2.0 (studi kasus pembelajaran biologi sma)

Erlangga (2010) Membangun Aplikasi Collaborative Learning Berbasis Web 2.0 (studi kasus pembelajaran biologi sma). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penerapan metode pembelajaran kolaborasi (collaborative learning) dalam teknologi informasi pendidikan berbasis web dapat menggunakan teknologi web 2.0, karena teknologi tersebut menggunakan pendekatan social web dalam memperkaya layanan yang diberikan. Dalam konsep social web dimungkinkan terjadi interaksi sosial antara pengguna aplikasi web. Tujuan dari pengembangan aplikasi pembelajaran kolaborasi adalah untuk mempermudah pengguna agar dapat berkolaborasi mengolah materi pembelajarannya. Pada penelitian ini dilakukan studi kasus pada mata pelajaran biologi di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Secara konvensional, untuk menguasai bidang studi biologi tersebut, siswa dituntut untuk menghafal materi pelajaran. Metode ini dirasakan menjenuhkan bagi siswa. Oleh karena itu perlu dicari metode pembelajaran yang memungkinkan siswa aktif dalam belajar sehingga tidak menjenuhkan. Metode pembelajaran kolaborasi ini diharapkan akan meningkatkan minat siswa dalam mempelajari biologi. Pengembangan aplikasi pembelajaran kolaborasi dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak waterfall. Data diperoleh dengan cara melakukan studi literatur dan studi lapangan dengan menganalisis kebutuhan dalam perancangan dan pembangunan aplikasinya. Data hasil analisis selanjutnya diterjemahkan ke dalam bahasa pemograman mengunakan bahasa pemrograman Personal Home Pagetools (PHP) dan menggunakan database My Structured Query Language (SQL) server. Pengujian kelayakan aplikasi dilakukan dengan dua langkah, yaitu : (1) pengujian alpha, yang dilakukan untuk melihat apakah setiap proses berjalan sesuai dengan fungsinya dan (2) pengujian betha, yang dilakukan untuk melihat respon pengguna (siswa SMA maupun umum) terhadap kelayakan aplikasi tersebut. Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut : (1) proses aplikasi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya dan menghasilkan output yang diharapkan, dan (2) berdasarkan tanggapan pengguna, aplikasi mudah digunakan, memiliki tampilan menarik, dan proses aplikasi tersebut dapat berjalan dengan baik. Namun aplikasi tersebut masih perlu disempurnakan dengan fasilitas video streaming agar lebih menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Web 2.0, Collaborative Learning, Social Web. i
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:47
Last Modified: 16 Nov 2016 07:47
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/10769

Actions (login required)

View Item View Item