KAJIAN STRATEGI KREATIF IKLAN FANTA

Mihardja, Evie (2007) KAJIAN STRATEGI KREATIF IKLAN FANTA.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Televisi menjadi media pilihan utama dalam mempromosikan sebuah produk karena memiliki unsur audio dan visual. Iklan dapat menarik perhatian penonton jika memiliki ciri khas tersendiri, dengan konsep yang jelas, jalan cerita yang baik atau mengandung unsur humor, dan didukung dengan jingle yang membuat orang selalu ingat akan iklan tersebut. Untuk dapat menyampaikan pesan iklan, dibutuhkan sebuah strategi iklan yang menarik agar iklan mudah diingat oleh penonton. Masalah yang muncul dalam iklan salah satu produk yaitu minuman ringan Fanta adalah : strategi kreatif apakah yang digunakan dalam iklan Fanta. Maka diperlukan penelitian untuk mengetahui strategi kreatif iklan yang digunakan oleh sebuah iklan sehingga iklan tersebut terlihat menarik. Penelitian akan dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Yang akan dikaji adalah daya tarik iklan yang muncul dan strategi kreatif iklan yang digunakan pada setiap potongan iklan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi kreatif iklan memegang peranan yang penting dalam mengolah dan menciptakan sebuah iklan. Karena tanpa strategi kreatif yang baik, ide kreatif tidak akan tampak, dan pesan iklan tidak dapat tersampaikan dengan baik. Strategi kreatif membuat sebuah iklan tampil menarik dan menimbulkan minat penonton. Iklan Fanta versi ”Gravitasi”, ”Gerhana”, dan ”Rasi Bintang” menggunakan daya tarik humor dan straetgi emosional sebagai pendekatan kepada khalayak sasaran. Dari hasil kajian tersebut, maka strategi kreatif iklan memiliki peran penting dalam mengolah sebuah iklan untuk menyampaikan pesan dan membuat iklan tampil menarik.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Desain > Desain Komunikasi Visual (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:47
Last Modified: 16 Nov 2016 07:47
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/10833

Actions (login required)

View Item View Item