Aplikasi Pengolahan Data Sewa Perangkat Komputer pada PT. Pertamina EP Region Jawa Berbasis Web (studi kasus PT. Pertamina Cirebon)

Ariyanti, Devi (2010) Aplikasi Pengolahan Data Sewa Perangkat Komputer pada PT. Pertamina EP Region Jawa Berbasis Web (studi kasus PT. Pertamina Cirebon).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak dibidang pertambangan minyak dan gas. PT. Pertamina EP Region Jawa, khususnya di PT.Pertamina Cirebon masih memiliki system pengolahan data yang manual dibeberapa bagiannya. Salah satu bagian tersebut adalah bagian pengolahan data sewa perangkat komputer. Hal ini mengakibatkan berbagai masalah, salah satunya yaitu sulitnya dalam proses pencarian data yang dibutuhkan. Dari berbagai masalah yang teridentifikasi maka PT. PT Pertamina Cirebon ingin membangun sebuah aplikasi untuk menanggulangi masalah-masalah tersebut. Aplikasi yang akan dibangun adalah berbasis web sehingga dapat dengan mudah diakses dimana saja dan dapat mengolah data sewa perangkat komputer. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan studi pustaka, metode wawancara, dan metode observasi. Untuk teknik atau metode pengembangan sistem dari sistem informasi ini menggunakan metode waterfall sedangkan metode aliran data yang dipakai adalah menggunakan metode terstruktur yaitu DFD (Data Flow Diagram) dalam menggambarkan model fungsional dan ERD (Entity Relationship Diagram) untuk menggambarkan model data. Sistem ini dibangun dengan teknologi komputer berbasis web. Karena berhubungan dengan teknologi website, maka dibutuhkan bahasa pemrograman berbasis web pula. Aplikasi Pengolahan Data Sewa Perangkat Komputer ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan didukung basis data MySQL. Aplikasi ini memudahkan dalam menginput dokumen, pencarian dokumen, serta sistem informasi ini dilengkapi fitur pesan singkat yang memungkinkan user dapat berkomunikasi dengan admin. Dengan dibangunnya sistem informasi penyewaan perangkat komputer diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat pengolahan data sewa perangkat komputer.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: aplikasi, data sewa, waterfall, ERD, DFD, PHP, MySQL.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:47
Last Modified: 16 Nov 2016 07:47
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/10839

Actions (login required)

View Item View Item