ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PADA PROSES PERAJUTAN DAN PENCELUPAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEVEN TOOLS DI PT. ALSINDO

Kriestanto, Bambang (2007) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PADA PROSES PERAJUTAN DAN PENCELUPAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEVEN TOOLS DI PT. ALSINDO. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam dunia industri kualitas mempunyai peranan sangat penting, karena dengan kualitas yang baik, maka produk yang dihasilkan dapat bersaing dipasaran untuk memikat konsumen dan untuk keberlangsungan hidup perusahaan. PT. ALSINDO adalah perusahaan yang bergerak dibidang tekstil. Jenis produk yang dihasilkan dapat digolongkan menjadi dua, yaitu kain grey dan kain jadi. Kualitas produk kain yang dihasilkan harus memiliki kualitas yang tinggi. Tetapi dalam proses produksinya, baik dibagian perajutan maupun dibagian pencelupan tidak terlepas dari adanya produk yang mengalami kecacatan. Kecacatan yang terjadi dibagian perajutan yaitu cacat jarum dan cacat garis singker, sedangkan yang terjadi dibagian pencelupan yaitu cacat salah warna dan cacat gesekan. Untuk mengurangi terjadinya kecacatan pada produk, maka pada penelitian ini digunakan empat dari tujuh alat perbaikan kualitas yang terdiri dari lembar periksa, histogram, diagram pareto, dan diagram sebab akibat. Dari lembar periksa, histogram, dan diagram pareto menunjukkan bahwa cacat yang paling tinggi dibagian perajutan yaitu cacat garis singker dan dibagian pencelupan yaitu cacat gesekan. Selanjutnya cacat garis singker dan cacat gesekan dicari penyebab masalahnya melalui diagram sebab akibat. Dari data yang diperoleh dari diagram sebab akibat kemudian dianalisa kembali dengan menggunakan metode daftar pemeriksaan 4-M (manusia, mesin, material, matode). Selanjutnya dilakukan perbandingan antara keadaan sebenarnya dilapangan dengan usulan berdasarkan pada metode 4-M. Setelah menganalisis faktor-faktor penyebab kecacatan pada produk, maka faktor manusia perlu mendapatkan perhatian lebih dengan tidak menghilangkan faktor-faktor lainnya untuk dilakukan perbaikan yang bertujuan untuk pengendalian dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:47
Last Modified: 16 Nov 2016 07:47
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/11019

Actions (login required)

View Item View Item