PENJADUALAN N JOB M MESIN DAN PROSES PENJADUALAN ULANG DALAM MENGHADAPI MASALAH PENAMBAHAN PEKERJAAN BARU PADA SISTEM PRODUKSI JOB SHOP

Sumarna, Usep (2007) PENJADUALAN N JOB M MESIN DAN PROSES PENJADUALAN ULANG DALAM MENGHADAPI MASALAH PENAMBAHAN PEKERJAAN BARU PADA SISTEM PRODUKSI JOB SHOP. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perusahaan job order dengan proses job shop tidak dapat terlepas dari masalah penjadualan produksi (scheduling) yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian produksi sebagai suatu komponen penting dalam suatu sistem industri. Penjadualan produksi bertujuan mengalokasikan sumber daya yang tepat agar dapat meningkatkan utilitasi sumber daya yang tersedia secara optimal Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh perusahaan adalah dalam hal penjadualan produksi dari job-job yang diterimanya. Permasalahan ini timbul karena banyaknya jenis produk yang diproduksi oleh perusahaan yang merupakan permintaan dari konsumen yang berbeda-beda. Semua permintaan yang diajukan oleh konsumennya biasanya disanggupi oleh perusahaan, akibatnya dengan kapasitas dan jumlah mesin yang terbatas, perusahaan mengalami kesulitan dalam menghadapi pesanan yang diterimanya. Selain itu adanya masalah atau gangguan yang terjadi pada pelaksanaan penjadualan dilantai pabrik seperti adanya job baru atau job sisipan yang datang, dimana perusahaan harus memproduksi job tersebut sesuai dengan waktu yang diinginkan oleh konsumen yang menyebabkan penjadualan yang telah dibuat menjadi tidak layak sehingga harus dilakukan perubahan terhadap penjadualan awal tersebut. Berdasarkan permasalahan diatas, maka untuk menerapkan teknik penjadualan dengan menggunakan metoda forward dengan aturan prioritas FCFS sebagai alternatif pemecahan bagi perusahaan yang memiliki masalah kondisi tersebut diatas. Selain itu untuk mengatasi gangguan atau masalah seperti datangnya job baru atau job sisipan yang terjadi pada saat pelaksanaan penjadualan dilantai pabrik yang mengakibatkan penjadualan awal menjadi tidak layak dan perusahaan harus melakukan beberapa revisi, maka diharapkan proses penjadualan ulang dengan pendekatan Rolling Time Window pada perusahaan tersebut. Hal ini diharapkan agar masalah atau gangguan yang terjadi pada perusahaan tersebut dapat diatasi dan perusahaan dapat memenuhi permintaan konsumennya pada waktu yang tepat. Hasil pengolahan data untuk studi kasus di PT Nikattsu Electric Works yang terdiri dari proses penjadualan menggunakan pendekatan Rolling Time Window diperoleh bahwa seluruh pesanan atau pekerjaan dapat diselesaikan pada waktu yang tepat sebesar 76257,6 menit dan tidak melanggar batas waktu penyelesaian yang telah ditentukan oleh konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:47
Last Modified: 16 Nov 2016 07:47
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/11021

Actions (login required)

View Item View Item