ANALISIS PENYUSUNAN STRUKTUR UPAH DASAR DI PTP. PERKEBUNAN NUSANTARA VIII BANDUNG BERDASARKAN JOB EVALUATION DENGAN MENGGUNAKAN HAY METHODE

Prahara Yudha, Reta (2007) ANALISIS PENYUSUNAN STRUKTUR UPAH DASAR DI PTP. PERKEBUNAN NUSANTARA VIII BANDUNG BERDASARKAN JOB EVALUATION DENGAN MENGGUNAKAN HAY METHODE. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sumber daya manusia merupakan elemen yang paling dinamis dan komplek dalam organisasi, sehingga efektifitas suatu organisasi menjadi sangat tergantung pada pengelolaan dan pendayagunaan manusianya. Pendayagunaan disini berarti mengupayakan agar sumber daya manusia itu mau dan mampu bekerja secara optimal demi tercapainya tujuan organisasi. Agar sumber daya manusia mau dan mampu bekerja dengan optimal maka perlu dikelola dengan baik. Salah satu aktivitas dalam pengelolaan sumber daya manusia adalah pemberian imbalan (upah), perilaku penerima upah dapat merefleksikan derajat dimana merasa upah yang diberikan adalah wajar atau tidak wajar dibandingkan dengan kapasitas dan kontribusi yang telah diberikan kepada perusahaan. Masalah umum yang berkaitan dengan upah di perusahaan adalah karyawan sering membandingkan upah yang mereka terima dengan yang diterima rekan kerjanya. Jika diantara karyawan ada yang merasa diperlakukan tidak adil dalam pembayaran upah, dalam arti mereka merasa dibayar dibawah upah yang seharusnya diterima, maka kepercayaan karyawan terhadap sistem perupahan yang ada di perusahaan berkurang. Kondisi ini pada akhirnya akan menimbulkan keresahan dan mempengaruhi sikap karyawan dalam bekerja. PTP. Perkebunan Nusantara VIII Bandung merupakan sebuah perusahaan Industri yang bergerak di bidang Penggilingan daun teh. Pengelolaan sumber daya manusia yang dilakukan hingga saat ini belum efektif. Salah satu sebabnya adalah perusahaan belum memiliki kebijakan pemberian upah yang adil. Beberapa karyawan pada level jabatan struktural merasa bahwa mereka diberi upah yang sama tetapi beban kerja yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:47
Last Modified: 16 Nov 2016 07:47
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/11023

Actions (login required)

View Item View Item