Peranan Audit Kinerja dalam Menunjang Akuntabilitas Publik Pemerintah Kota Bandung (studi penelitian pada Inpektorat dan Dinas Pendapatan)

Wiarty, Sheirly (2010) Peranan Audit Kinerja dalam Menunjang Akuntabilitas Publik Pemerintah Kota Bandung (studi penelitian pada Inpektorat dan Dinas Pendapatan).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Pemerintah Kota Bandung dengan observasi penelitian pada Inspektorat dan Dinas Pendapatan. Dimana audit kinerja erat kaitannya dengan Inspektorat sedangkan untuk akuntabilitas publik erat kaitannya dengan Dinas Pendapatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui audit kinerja, pelaksanaan akuntabilitas publik, dan peranan audit kinerja dalam menunjang akuntabilitas publik pada Pemerintah Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif statistik dengan pendekatan kuantitatif. Tujuannya untuk memberikan gambaran mengenai data yang diperoleh dari bantuan alat berupa kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden kemudian dihitung mengunakan rumus Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan audit kinerja dalam menunjang akuntabilitas publik memiliki korelasi yang sedang dan searah, artinya jika audit kinerja baik maka akuntabilitas publik akan baik juga. Adapun peranan audit kinerja terhadap akuntabilitas publik adalah sebesar 17%, sedangkan sisanya sebesar 83% dipengaruhi faktor lain di luar audit kinerja, misalnya pelayanan publik, kualitas informasi keuangan, manajerial, dan pengawasan fungsional yang akan menunjang akuntabilitas publik. Ini membuktikan hipotesis penulis yang mengungkapkan bahwa audit kinerja berperan dalam menunjang akuntabilitas publik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini dilakukan pada Pemerintah Kota Bandung dengan observasi penelitian pada Inspektorat dan Dinas Pendapatan. Dimana audit kinerja erat kaitannya dengan Inspektorat sedangkan untuk akuntabilitas publik erat kaitannya dengan Dinas Pendapatan. T
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:47
Last Modified: 16 Nov 2016 07:47
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/11027

Actions (login required)

View Item View Item