ANALISIS BIAYA PESANAN PRODUK CETAKAN (BLOCK NOTE DAN STOF MAP) UNUTK MENENTUKAN HARGA POKOK PRODUK PESANAN DI CV TUNAS BARU MAJALENGKA

Supriyadi, Tedi (2007) ANALISIS BIAYA PESANAN PRODUK CETAKAN (BLOCK NOTE DAN STOF MAP) UNUTK MENENTUKAN HARGA POKOK PRODUK PESANAN DI CV TUNAS BARU MAJALENGKA. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV. Tunas Baru merupakan industri kecil yang bergerak dibidang manufaktur maupun dibidang jasa. Produk yang dihasilkan oleh CV. Tunas Baru dibidang manufaktur diantaranya produk-produk cetakan. Produk jasa yang ditawarkan oleh CV. Tunas Baru diantaranya pengadaan fasilitas pendidikan, pengadaan fasilitas perkantoran, dan pengadaan fasilitas alat peraga. CV. Tunas Baru melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan penerbit buku untuk memasarkan produk-produk mereka. Selain bergerak dalam bidang manufaktur dan jasa, CV. Tunas baru menjalani usaha ritel. Masalah yang dihadapi CV. Tunas Baru yaitu kesulitan dalam menentukan biaya-biaya dari setiap pesanan, Dengan tidak adanya dokumen sumber atau kartu dalam pencatatan biaya-biaya produksi yang dikeluarkan, sehingga biaya-biaya yang terjadi sulit untuk diidentifikasi atau dirinci. Hal ini menyebabkan perusahaan sulit untuk mengetahui kondisi keuntungan yang diperoleh dari setiap pesanan. Penentuan biaya pesanan ialah suatu sistem akuntansi yang menelusuri biaya pada unit individual atau pekerjaan, kontrak atau tumpukan produk yang spesifik. Untuk menentukan biaya berdasarkan pesanan secara akurat dan efektif, pesanan harus dapat diidentifikasi secara terpisah dan harus ada perbedaaan penting biaya per unit antara berbagai pesanan. Penentuan biaya berdasarkan pesanan mengakumulasi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead yang dibebankan ke setiap pesanan. Hasil penelitian menunjukan bahwa biaya pesanan terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead yang membentuk harga pokok pesanan untuk masing-masing produk yaitu Rp 16.245.838 untuk produk block note dan Rp 5.931.077 untuk produk stof map. Dari harga pokok pesanan tersebut, kemudian dibagi dengan jumlah produk yang dipesan untuk masing-masing produk sebanyak 9860 unit. Dari hasil pembagian tersebut, didapat harga pokok pesanan per unit, yaitu Rp 1.647,65 untuk produk block note dan Rp 601,53 untuk produk stof map. perusahaan mendapatkan laba bersih per unit setelah memasukan biaya pemasaran dan biaya administrasi dan umum sehingga laba bersih per unit untuk setiap produknya, yaitu 38,2% untuk produk block note dan 64,1% untuk produk stof map atau total laba bersih yang diperoleh dari hasil penjualan untuk masing-masing produk pesanan sebesar Rp 6.263.386 untuk produk block note dan Rp 3.851.003 untuk produk stof map. Berdasarkan perhitungan titik impas, diperoleh jumlah unit produk yang harus dihasilkan yaitu 1956 unit (dengan harga awal Rp 2.500) dan 2421 unit (setelah ada potongan harga sebesar Rp 200) untuk produk block note serta 1631 unit untuk produk stof map. Sedangkan pada kenyataannya, perusahaan dapat menjual untuk masing-masing produk yaitu sebanyak 9860 unit untuk produk block note dan 9860 unit untuk produk stof map. Berdasarkan hal tersebut perusahaan dikatakan mengalami keuntungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:47
Last Modified: 16 Nov 2016 07:47
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/11031

Actions (login required)

View Item View Item