PENGARUH PERUBAHAN HARGA PASAR SAHAM TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS (CASH RATIO) PADA PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA (TELKOM) TBK

Martika Kuswandi, Gian (2007) PENGARUH PERUBAHAN HARGA PASAR SAHAM TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS (CASH RATIO) PADA PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA (TELKOM) TBK. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pembangunan suatu negara memerlukan dana investasi dalam jumlah yang tidak sedikit. Untuk mengatasi kelangkaan dana itu banyak negara yang sedang berkembang terlibat dengan pinjaman luar negeri. Meskipun disadari tabungan masyarakat di negara sedang berkembang masih rendah dibanding dengan negara-negara maju, tetapi yang lebih penting dalam era pembangunan ini adalah mengusahakan efektivitas pengerahan tabungan masyarakat itu kepada sektor-sektor yang produktif. Dana-dana yang berasal dari luar perusahaan meliputi dana-dana dari kreditur dan pemilik atau pengambil bagian dari perusahaan yang bersangkutan. Modal yang berasal dari kreditur merupakan utang perusahaan sehingga perusahaan mempunyai beban tetap untuk membayar bunga. Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan dalam rangka memenuhi kebutuhan jangka panjangnya antara lain dengan menerbitkan saham-saham perusahaan di pasar modal. Saham yang diterbitkan perusahaan itu berbentuk selembar kertas yang menerangkan bahwa pemilik kertas tersebut merupakan pemilik perusahaan. Adapun menurut Sawidji Widoatmodjo (2005) dalam bukunya Cara Sehat Investasi di Pasar Modal, mengemukakan bahwa “Saham merupakan tanda penyertaan atau pemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan”. Sehingga dengan diterbitkannya saham di pasar modal, kebutuhan dana jangka panjang perusahaan dapat terpenuhi. Selain itu para pemilik saham dapat menikmati keuntungan baik berupa capital gain, dividen, maupun earning per share yang akan dibagikan sesuai dengan besarnya penyertaan saham di dalam perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:47
Last Modified: 16 Nov 2016 07:47
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/11159

Actions (login required)

View Item View Item