PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA BANK INDONESIA (BI RATE) TERHADAP TINGKAT INFLASI PERIODE JULI 2005 SAMPAI DESEMBER 2006 (STUDI KASUS BANK INDONESIA)

Hakim, Lukmanul (2007) PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA BANK INDONESIA (BI RATE) TERHADAP TINGKAT INFLASI PERIODE JULI 2005 SAMPAI DESEMBER 2006 (STUDI KASUS BANK INDONESIA). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan pokok yang juga merupakan tujuan tunggal Bank Indonesia berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang No. 3 tahun 2004 adalah mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Dalam Undang-undang ini dilakukan reformulasi dan perubahan fundamental mengenai tujuan kebijakan moneter yang lebih fokus dibandingkan dengan Undang-undang Bank Indonesia sebelumnya (UU No. 13 Tahun 1968). Implementasi Undang-Undang sebelumnya Bank Indonesia menerapkan Base Money Targeting yaitu pengendalian Jumlah Uang Beredar. Base Money Targeting ini berusaha untuk mengendalikan jumlah uang yang berada di tangan masyarakat dalam hal ini ada uang kartal atau uang yang diterbitkan oleh pemerintah. Sedangkan dalam Undang-Undang yang baru, Bank Indonesia merubah target kebijakannya menjadi Inflation Targeting yang diimplementasikan dalam Inflation Targeting Framework. Kerangka kerja yang baru, menjadikan suku bunga sebagai pengendali Inflasi di Indonesia dan mulai Juli 2005 suku bunga BI Rate akan dipergunakan sebagai sinyal respon kebijakan moneter, sasaran operasional. “BI Rate adalah suku bunga dengan tenor satu bulan yang diumumkan oleh Bank Indonesia secara periodic untuk jangka waktu tertentu yang berfungsi sebagai sinyal (stance) kebijakan moneter”. (Manajemen Lembaga Keuangan Kebijakan moneter dan Perbankan : 2005). Selama triwulan IV-2006, RDG (Rapat Dewan Gubernur) pada tanggal 5 Oktober 2006, 7 November 2006, dan 7 Desember 2006 menetapkan penurunan level BI Rate masing-masing 50 bps hingga level BI Rate menjadi 9.75 %. Dengan perkembangan tersebut, hingga akhir tahun 2006 BI rate mengalami penurunan sebesar 300 bps dari level awal tahun. Penurunan tersebut dimulai bulan Mei 2006 dan sekaligus menandai adanya perubahan stance kebijakan moneter dari pengaturan jumlah uang beredar menjadi suku bunga Bank Indonesia (BI Rate).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:47
Last Modified: 16 Nov 2016 07:47
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/11172

Actions (login required)

View Item View Item