HUBUNGAN TINGKAT LIKUIDITAS (CURRENT RATIO) DENGAN KEMAMPUAN PEMBAYARAN KLAIM PADA PT ASURANSI JASA INDONESIA (PERSERO) CABANG BANDUNG

Setianingsih, Dewi (2007) HUBUNGAN TINGKAT LIKUIDITAS (CURRENT RATIO) DENGAN KEMAMPUAN PEMBAYARAN KLAIM PADA PT ASURANSI JASA INDONESIA (PERSERO) CABANG BANDUNG. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perusahaan asuransi adalah salah satu perusahaan yang dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan rasa aman atas kejadian yang mungkin berakibat atau menimbulkan kerugian dengan cara membayar sejumlah iuran yang layak sehingga dapat mengurangi suatu kerugian ekonomis tertentu yang dapat di ukur. Dengan banyaknya perusahaan asuransi maka persaingan untuk mendapatkan nasabah pun akan semakin ketat. Masyarakat akan melihat dan menilai perusahaan asuransi yang benar-benar sehat yang berarti dapat membayar klaim asuransi yang diajukan oleh pemegang polis. Masalah likuiditas berhubugan langsung dengan masalah suatu perusahaan untuk memenuhi kewajiban financialnya yang harus segera dipenuhi. Salah satu kewajiban financial perusahaan asuransi adalah membayar klaim. Kemampuan membayar klaim salah satunya ditandai dengan terpenuhinya pembayaran klaim asuransi dengan tepat waktu kepada tertanggung yang mengalami kerugian terhadap barang yang dipertanggungkan kepada perusahaan asuransi. Tujuan dilakukan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui hubungan tingkat likuiditas dengan kemampuan pembayaran klaim pada PT Asuransi Jasa Indonesia Cabang Bandung. Metode yang dilakukan adalah metode statistik, dengan menggunakan analisis regresi dan analisis korelasi. Hasil analisis pada uji korelasi menunjukkan adanya hubungan negatif yang sangat kuat antara tingkat likuiditas dengan kemampuan pembayaran klaim, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,823. Dan dari hasil perhitungan regresi linear diperoleh persamaan Y = 56,56 – 0,023X artinya jika tidak ada tingkat likuiditas maka besarnya kemampuan pembayaran klaim adalah 56,56 sedangkan koefisien regresi sebesar -0,023 mempunyai arti bahwa setiap penambahan tingkat likuiditas 1%, besarnya kemampuan pembayaran klaim akan berkurang sebesar 0,023.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: D3 Tugas Akhir > Keuangan Perbankan > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:47
Last Modified: 16 Nov 2016 07:47
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/11181

Actions (login required)

View Item View Item