PENGARUH PERKEMBANGAN TINGKAT SUKU BUNGA KREDIT TERHADAP PERKEMBANGAN KREDIT BULANAN UMUM (KRU) PADA PT. BANK PERKEDITAN RAKYAT (BPR) PAMANUKAN BANGUNARTA

Sri Wulandari, Yuni (2007) PENGARUH PERKEMBANGAN TINGKAT SUKU BUNGA KREDIT TERHADAP PERKEMBANGAN KREDIT BULANAN UMUM (KRU) PADA PT. BANK PERKEDITAN RAKYAT (BPR) PAMANUKAN BANGUNARTA. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kredit bulanan umum (KRU) merupakan salah satu jasa yang kredit yang ditawarkan oleh PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Pamanukan Bangunarta yang pembayarannya dilakukan sebulan lebih. Mengangsur setiap bulan atau lebih, dengan jaminan yang diberikan bisa berupa sertifikat tanah atau Surat Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Tingkat suku bunga merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pendapatan kredit. Khususnya di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Pamanukan Bangunarta yang sebagian besar pendapatannya diperoleh dari bunga kredit, suku bunga kredit merupakan komponen utama biaya dan pendapatan yang diterima oleh bank dari nasabahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembanagn tingkat suku bunga kredit dan perkembangan kredit bulanan umum (KRU) serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perkembangan tingkat suku bunga kredit terhadap perkembangan kredit bulanan umum (KRU) pada PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Pamanukan Bangunarta. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kuantitatif analisis dimana ditentukan dua variabel yaitu variabel independent berupa perkembangan tingkat suku bunga kredit dan variabel dependen berupa perkembangan kredit bulanan umum (KRU). Dalam penelitian ini penulis menggunakan uji statistika dan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi pearson. Adapun teknik pengumpulan data yang dipakai dengan menggunakan studi lapangan. Dengan menggunakan korelasi pearson diperoleh hasil bahwa Perkembangan tingkat suku bunga kredit memiliki pengaruh yang kuat terhadap perkembangan kredit bulanan umum (KRU) yaitu sebesar 0,88. untuk lebih meyakinkan bahwa kedua variabel tersebut berkorelasi atau tidak, maka dilakukan uji t dan hasilnya dibandingkan dengan t tabel. Dari pengujian t tersebut, didapat nilai t hitung = 3,209. Maka dapat disimpulkan bahwa t hitung = 3,209 > t tabel = 3,182 dengan derajat kesalahan 5 % dan dk = n-2. Dapat diartikan bahwa hipotesis alternatif (H1) yang di ajukan diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak, dengan kata lain bahwa terdapat pengaruh antara perkembangan tingkat suku bunga terhadap perkembangan kredit bulanan umum (KRU). Dan untuk melihat besarnya pengaruh perkembangan tingkat suku bunga kredit terhadap kredit bulanan umum (KRU) secara kuantitatif, maka penulis menggunakan koefisien determinasi (kd) hasil dari perhitungan kd = 77,44%, sedangkan sisanya sebesar 22,56 % merupakan faktor lain yang dapat mempengaruhi kredit bulanan umum (KRU).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: D3 Tugas Akhir > Keuangan Perbankan > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:47
Last Modified: 16 Nov 2016 07:47
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/11187

Actions (login required)

View Item View Item