PERANCANGAN PROMOSI BUKU MEMBONGKAR KESESATAN BLACK METAL TERBITAN MQ PUBLISHING

Fitria Junita, Fina (2007) PERANCANGAN PROMOSI BUKU MEMBONGKAR KESESATAN BLACK METAL TERBITAN MQ PUBLISHING. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Memproduksi buku memerlukan satu kerja sama dalam kelompok, agar hasilnya dapat diserahkan ke tangan para pembaca dengan baik. Tiap anggota kelompok harus mempunyai peran masing-masing dan tak seorang pun boleh dilupakan atau diabaikan tanpa menganggu proses keseluruhannya. Betapapun tingkat perkembangan yang telah dicapai oleh suatu negara, betapapun ekonominya sederhana atau sangat rumit, pasti terdapat unsur dasar, yang harus ada atau harus diadakan, bila diharapkan tumbuhnya suatu industri buku. Tiga dari empat unsur itu mudah dipahami: a. Pengarang yang menulis naskah, b. Pencetak yang membuat naskah menjadi buku, c. Penjual buku yang menjual bukunya. Namun unsur keempat, yang posisinya sebenarnya paling penting, tetapi pekerjaannya paling sedikit dipahami oleh orang diluar bidang perbukuan, ialah Penerbit atau yang disebut pada zaman globalisasi ini ialah publisher. Ia yang memegang strategi dan organisasi utama dari seluruh usaha yang menyatukan ketiga rekan lainnya, dan yang biasanya bertindak sebagai pengambil resiko dalam usaha menerbitkan buku. Banyak sebab orang menyukai buku. Ada yang gemar membeli buku sebagai koleksi, sementara aktivitas membaca dilakukannya jika sempat. Tak ayal buku merupakan gudang ilmu yang hakiki. Meskipun seperti kita ketahui bahwa buku merupakan produsen ilmu pengetahuan yang cenderung tersisihkan dengan terpaan media massa elektronik seperti TV, Radio, atau bahkan Internet. Dengan kata lain bahwa buku ter-mindset oleh khalayak sebagai media yang membosankan. Buku hanya menyajikan tulisan dan gambar pasif yang membuat jenuh banyak orang. Mungkin hanya orang-orang tertentu dan berkacamata tebal yang biasa mengkonsumsi buku. Lain halnya dewasa ini. Buku dikemas sedemikian rupa hingga dapat menarik minat pembaca. Mulai dari desain cover yang eyecatching, penataan ilustrasi buku yang memikat, sampai kepada isi buku itu sendiri yang berkualitas dan memiliki nilai sastra yang cukup tinggi. Maka dari itu, ada satu badan usaha dimana badan usaha tersebut berfungsi sebagai pengemas buku agar buku terlihat menarik dan tidak monoton. Penerbit, atau yang lebih kita kenal dengan istilah modernnya adalah publisher yang telah kita bahas sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: D3 Tugas Akhir > Desain Komunikasi Visual > Desain Grafish > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:47
Last Modified: 16 Nov 2016 07:47
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/11209

Actions (login required)

View Item View Item