STRATEGI HUPMAS PT. PERTAMINA ( Persero ) UPms III CABANG BANDUNG DALAM MENSOSIALISASIKAN KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG BBM KEPADA MASYARAKAT KOTA BANDUNG

Kamelia Surya, Metha (2007) STRATEGI HUPMAS PT. PERTAMINA ( Persero ) UPms III CABANG BANDUNG DALAM MENSOSIALISASIKAN KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG BBM KEPADA MASYARAKAT KOTA BANDUNG. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Hupmas P.T PERTAMINA (Persero) UPms III Cabang Bandung dalam mensosialisasikan Kebijakan Pemerintah kepada masyarakat kota Bandung. Dalam penelitian ini pertanyaan penelitian meliputi bentuk sosialisasi, media yang digunakan untuk sosialisasi, isi pesan sosialisasi dan strategi Hupmas UPms III Cabang Bandung. Teori dalam penelitian ini adalah teori Formulasi Lasswel yang menggambarkan kegiatan komunikasi dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan. Populasi pada penelitian ini adalah staff Hupmas UPms III Cabang Bandung, dan Sampel penelitian ini berjumlah dua orang yaitu Hupmas dan Kepala SDM Hupmas. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif, yaitu metode yang berdasarkan fakta yang diolah menjadi data. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk sosialisasi yang dilakukan Hupmas UPms III adalah seminar, PKL (mahasiswa), Pertemuan mitra kerja, PTC, kegiatan sosial, dialog interaktif, press release, dan suara konsumen. Media yang digunakan adalah televisi, radio, surat kabar, majalah, buletin, dan telepone. Isi pesan sosialisasi adalah kebijakan Pemerintah tentang BBM. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sosialisasi yang dilakukan oleh Hupmas UPms III Cabang Bandung masih belum dapat menjangkau seluruh masyarakat kota Bandung. Karena sampai saat ini masih ada masyarakat yang tidak memahami (awam) tentang kebijakan pemerintah yang menyangkut Bahan Bakar Minyak Saran untuk Hupmas P.T PERTAMINA (Persero) UPms III Cabang Bandung agar dapat memiliki bentuk dan media yang lebih inovatif, agar bisa mencapai tujuan sosialisasi yaitu pemahaman masyarakat demi kesatuan, keuntungan dan keutuhan bangsa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: D3 Tugas Akhir > Public Relations > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:48
Last Modified: 16 Nov 2016 07:48
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/11427

Actions (login required)

View Item View Item