Pengaruh Stock Split Terhadap Earnings (penelitian pada perusahaan property dan real estate yang tercatat di bursa efek indonesia)

Dwi Rahmawati, Ratih (2010) Pengaruh Stock Split Terhadap Earnings (penelitian pada perusahaan property dan real estate yang tercatat di bursa efek indonesia).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pasar modal merupakan sumber pendanaan bagi seluruh sektor usaha. Hal ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya peranan pasar modal bagi kelangsungan usaha. Stock split merupakan salah satu aksi korporasi yang dapat menambah jumlah saham yang beredar dan menurunkan harga saham. Manfaat dari stock split yaitu dapat meningkatkan earnings yang akan berdampak pada earnings per share. Penelitian dilaksanakan pada Bursa Efek Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui stock split perusahaan property dan real estate yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, untuk mengetahui earnings pada perusahaan property dan real estate yang tercatat di Bursa Efek, dan untuk mengetahui pengaruh stock split terhadap earnings pada perusahaan property dan real estate yang tercatat di Bursa Efek Indonesia selama periode 2005-2007. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Untuk mengetahui pengaruh stock split terhadap earnings digunakan pengujian statistik. Pengujian statistik yang digunakan adalah penggunaan regresi linier, koefisien korelasi pearson, koefisien determinasi, uji hipotesis dan juga menggunakan aplikasi SPSS 12.0 for windows untuk memperkuat perhitungan secara manual. Dari hasil penelitian terbukti bahwa stock split berpengaruh terhadap earnings. Diketahui bahwa sock split memiliki pengaruh sebesar 86,5% terhadap earnings dan 13,5% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu kondisi ekonomi dan manajemen perusahaan. Adapun garis regresi linier sederhana adalah; Y= 0,229 + 0,229 X sedangkan dari uji hipotesis diketahui bahwa thitung > ttabel artinya Ho berada didaerah penolakan, dan Ha diterima, menjelaskan bahwa antara stock split dan earnings mempunyai hubungan sangat kuat dan berpengaruh signifikan. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa stock split mempunyai pengaruh terhadap earnings yaitu sebesar 86,5% yang menunjukkan hubungan searah dan sangat kuat. Hal ini dapat dilihat dari setiap kenaikan stock split diikuti oleh kenaikan earnings begitupun sebaliknya setiap penurunan stock split akan diikuti oleh penurunan earnings. Fluktuasi perkembangan stock split dilatarbelakangi oleh harga saham yang akan menentukan rasio stock split. Fluktuasi perkembangan earnings disebabkan oleh jumlah laba bersih yang akan berdanpak pada earnings per share. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk menambah sampel dan periode pengamatan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Stock split, Earnings, Earnings per share
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:48
Last Modified: 16 Nov 2016 07:48
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/11444

Actions (login required)

View Item View Item