ANALISIS PROSES PENANGANAN SURAT MASUK DENGAN MENGGUNAKAN BUKU AGENDA GUNA MENUNJANG EFEKTIVITAS KERJA PADA BAGIAN SEKRETARIAT DI PT. PLN APJ SUKABUMI

Wulandari, Arie (2007) ANALISIS PROSES PENANGANAN SURAT MASUK DENGAN MENGGUNAKAN BUKU AGENDA GUNA MENUNJANG EFEKTIVITAS KERJA PADA BAGIAN SEKRETARIAT DI PT. PLN APJ SUKABUMI. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Surat merupakan suatu alat untuk menyampaikan informasi atau pernyataan secara tertulis kepada pihak lain, baik atas nama sendiri, jabatan yang disandang dari perusahaan. Dari hasil pengamatan dilapangan proses penanganan surat masuk dengan menggunakan buku agenda belum efektif, hal ini dapat dilihat dari indikasi masalah sebagai berikut: pendistribusian surat agak terhambat. Diduga mengenai proses penanganan surat masuk dengan menggunakan buku agenda belum efektif hal ini disebabkan: surat masuk dalam penanganannya terkadang kurang teliti. Teori yang digunakan dalam penanganan surat masuk yaitu dari Ursula Ernawati dalam buku pedoman lengkap kesekretarisan, tahap-tahapnya yaitu: penerimaan surat, penyortiran surat, pembukaan surat, mengeluarkan dan memeriksa isi amplop, pengagendaan surat, membaca surat, pembubuhan stempel tanggal surat, pendistribusian surat dan penyimpanan surat Metode penelitian yang digunakan dalam menyusun laporan Tugas Akhir ini menggunakan metode deskriftip, dan teknik pengumpulan datanya melalui observasi partisipan, wawancara, studi kepustakaan dan dokumenter. Jenis-jenis surat masuk di PT. PLN yaitu: surat penting, surat rutin, surat rahasia. Proses penanganan surat masuk dengan menggunakan buku agenda pada bagian sekretariat di PT.PLN (Persero) Unit Distribusi Jawa barat dan Banten APJ Sukabumi, tahap-tahapnya adalah : pembukaan surat, ekspedisi, pengagendaan, pencatatan pada lembar disposisi, pemprosesan serta penyimpanan surat. Hambatan yang dihadapi sekretaris dalam proses penanganan surat masuk dengan menggunakan buku agenda, yaitu: keterlambatan penyampaian surat dan kurangnya ketelitian dalan penanganan surat masuk. Adapun upaya yang dilakukannya yaitu: sekretaris telah melakukan kontak telepon terhadap instansi yang dituju sesuai dengan alamat yang dituju, pimpinan telah melakukan pelatihan kesekretarisan guna menambah wawasan bagi para petugas yang menangani surat menyurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: D3 Tugas Akhir > Sekretaris Eksekutif > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:48
Last Modified: 16 Nov 2016 07:48
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/11472

Actions (login required)

View Item View Item