Pengaruh Kebijakan Penghapusan Sanksi Adminstrasi (Sunset Policy) Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang pribadi (studi kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Soreang)

Wulandari, Asni (2010) Pengaruh Kebijakan Penghapusan Sanksi Adminstrasi (Sunset Policy) Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang pribadi (studi kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Soreang).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Soreang. Objek penelitian ini adalah kebijakan penghapusan sanksi administrasi (Sunset Policy) dan tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kebijakan penghapusan sanksi administrasi (Sunset Policy) terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada KPP Pratama Soreang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi pada KPP Pratama Soreang yang berjumlah 2624 orang sebagai populasi, dan diambil sampel 307 orang dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Pengujian statistik yang dilakukan adalah korelasi rank spearman, sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t. Pengujian statistik dan pengujian hipotesis menggunakan bantuan aplikasi SPSS 12.0 For Windows. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: kebijakan penghapusan sanksi administrasi (Sunset Policy) sudah baik, dan tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pun sudah baik. Hubungan antara kebijakan penghapusan sanksi administrasi (Sunset Policy) dengan tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi kuat dan besarnya pengaruh kebijakan penghapusan sanksi administrasi (Sunset Policy) terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi adalah sebesar 62%. Adapun sisanya yaitu sebesar 38% dipengaruhi faktor-faktor lain seperti sistem perpajakan, Undang-Undang Perpajakan serta kualitas pelayanan perpajakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pajak, Kebijakan Penghapusan Sanksi Administrasi (Sunset Policy), dan Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2009
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:48
Last Modified: 16 Nov 2016 07:48
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/11517

Actions (login required)

View Item View Item