ANALISIS NEOLOGISME DALAM BEBERAPA ARTIKEL NONFIKSI (DITINJAU DARI SEGI PEMBENTUKAN KATA) THE ANAYSIS OF NEOLOGISM IN SOME NON-FICTION ARTICLES (BASED ON WORD FORMATION POINT OF VIEW)

Fransiska, (2007) ANALISIS NEOLOGISME DALAM BEBERAPA ARTIKEL NONFIKSI (DITINJAU DARI SEGI PEMBENTUKAN KATA) THE ANAYSIS OF NEOLOGISM IN SOME NON-FICTION ARTICLES (BASED ON WORD FORMATION POINT OF VIEW).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Judul dalam penelitian ini adalah “Analisis Neologisme dalam Beberapa Artikel Nonfiksi (Ditinjau dari Segi Pembentukan Kata)”. Munculnya neologisme secara tiba-tiba dalam masyarakat menyebabkan kesulitan dalam memahami kata tersebut. Namun apabila diperhatikan secara seksama, beberapa neologisme yang muncul ada yang berasal dari kata yang sudah ada sebelumnya. Selain itu, penulis melihat bahwa proses terbentuknya neologisme ada yang menyebabkan perubahan kelas kata pada sebuah kata. Adanya proses pembentukan kata dalam membentuk neologisme dan terjadinya perubahan kelas kata dalam proses pembentukan kata tersebut, yang menjadi latar belakang penulis dalam penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat tipe pembentukan kata apa saja yang dapat penulis dapatkan dari objek penelitian yang digunakan yaitu beberapa artikel nonfiksi yang berasal dari beberapa majalah dan surat kabar dan untuk membuktikan apakah semua tipe pembentukan kata neologisme melibatkan proses perubahan kelas kata. Metode penelitian yang digunakan oleh adalah metode penelitian deskriptif analisis, yang digunakan untuk menjelaskan tipe pembentukan kata neologisme melalui sebuah analisis. Kesimpulan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa tidak semua tipe pembentukan kata neologisme bisa penulis dapatkan dalam beberapa artikel nonfiksi yang menjadi objek penelitian. Di dalam penelitian ini juga, penulis mendapat kesimpulan bahwa tidak semua tipe pembentukan kata neologisme menyebabkan perubahan kelas kata.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Inggris > 2007
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Inggris (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:48
Last Modified: 16 Nov 2016 07:48
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/11542

Actions (login required)

View Item View Item