LAPORAN TERTULIS Mengenai keikutsertaaan dalam acara Seminar �¢����Peran Serta Ilmu Informasi Dan Perpustakaan Dalam Penataan diri Untuk Meraih Kualitas Unggul

Sudrajat, Sendy (2008) LAPORAN TERTULIS Mengenai keikutsertaaan dalam acara Seminar �¢����Peran Serta Ilmu Informasi Dan Perpustakaan Dalam Penataan diri Untuk Meraih Kualitas Unggul.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendahuluan Di dalam suatu perpustakaan banyak terdapat beberapa koleksi bahan pustaka sehingga user atau pengunjung memperoleh kesulitan dalam pencarian bahan pustaka. Untuk itu di sebuah perpustakaan di perlukan media informasi salah satunya adalah katalog, baik katalog online atau pun katalog offline dan katalog ini berisi informasi mengenai tata letak suatu bahan pustaka. Sehingga dengan adanya katalog ini akan mempermudah dalam pencarian suatu bahan pustaka. Karena bukan hanya sekedar banyak koleksinya saja akan tetapi peran serta informasi di dalam sebuah perpustakaan adalah merupakan hal yang sangat penting sehingga perpustakaan dapat menata diri untuk meraih kualitas yang unggul. Dalam tema ini yang berjudul Peran Serta Ilmu Informasi Dan Perpustakaan Dalam Penataan diri Untuk Meraih Kualitas Unggul, akan diuraikan tentang Pendidikan Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Sebagai Gerbang Menuju Profesionalisme Pustakawan yang mana di dalamnya berisi tentang Outline, UU Perpustakaan No.43 Tahun 2007 Tentang Pustakawan dan Pendidikannya, Pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia, Pemahaman akan Makna Profesi dan Profesional, Kategori Pustakawan, Pustakawan Profesional # Pustakawan Fungsional, dan Mewujudkan Profesionalisme Pustakawan. yang akan di bahas oleh Harkrisyati Kamil. 1) Pendidikan Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Sebagai Gerbang Menuju Profesionalisme Pustakawan. Oleh Harkrisyati Kamil (Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Indonesia) a. Outline �¢���¢ Pustakawan berdasarkan UU perpustakaan No.43 Th 2007 �¢���¢ Pendidikan ilmu perpustakaan dan informasi di Indonesia �¢���¢ Pemahaman akan makna profesi dan profesional �¢���¢ Mewujudkan profesionalisme pustakawan b. UU Perpustakaan No.43 Tahun 2007 Tentang Pustakawan dan Pendidikannya Pasal 1 ayat 8 Seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan/atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan. Pasal 29 Tenaga perpustakaan terdiri atas pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan. Tenaga teknis ini diterangkan dalam bagian penjelasan yang menyatakan bahwa tenaga teknik perpustakaan adalah tenaga non-pustakawan yang secara teknis mendukung pelaksanaan fungsi perpustakaan, misalnya tenaga teknis komputer, tenaga teknis audio visual, dan tenaga teknis ketatausahaan. Pasal 22 �¢���¢ Pendidikan untuk pembinaan dan pengembangan tenaga perpustakaan merupakan tanggung jawab penyelengara perpustakaan. �¢���¢ Pendidikan untuk pembinaan dan pengembangan sebagaimana dimaksudnya pada ayat (1) dilaksanakan melalui penddikan formal dan atau non formal. c. Pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia �¢���¢ Kursus Pelatihan Perpustakaan, tahun 1952 �¢���¢ Kursus Pendidikan Ahli Perpustakaan,1956 �¢���¢ Sekolah Perpustakaan tahun,1959 �¢���¢ Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Sastra UI,1963 �¢���¢ Jurusan Ilmu Perpustakaan IKIP,1975 �¢���¢ Saat ini terdapat 15 Perguruan Tinggi menyelenggarakan program S1/S 2 dan 21 Perguruan Tinggi program Diploma Sulistyo-Basuki,2006 �¢����Political Reformation and ist Impact on Libraryad Information Science Education and Practice : a case study of Indonesia during and post President Suharto�¢���� Proceedings of the Asia Pacific Conference on Library and Information Education and Pratice 2006, Singapore,3-6 April 2006. d. Pemahaman akan Makna Profesi dan Profesional �¢���¢ Profesi Is a vocation requining knowledge of some department of learning and science. Elemen pokok bagi setiap profesi mencakup : filosofi, ilmu, kode etik, pendidikan , keteladanan dan profesionalisme. �¢���¢ Professionalism Criteria, characteristic, competencies, responsibilities, issues, education, expectation, and support. e. Kategori Pustakawan Pustakawan di bagi menjadi beberapa kategori yaitu : �¢���¢ Pustakawan profesional �¢���¢ Pustakawan paraprofesional �¢���¢ Pustakawan PNS - Memiliki jenjang fungsional - Idealnya, semua pustakawan Indonesia memiliki persyaratan, kompetensi dan apresiasi yang sama. �¢���¢ Pustakawan Swata - Sebagai supporting service atau staf administrasi dan biasanya tidak memiliki jenjang karier profesi. f. Pustakawan Profesional # Pustakawan Fungsional �¢���¢ Profesionalisme tidak dibentuk dari fungsionalisme dan tidak identik sama sekali dengan fungsional yang lebih menyangkut ke arah penugasan. �¢���¢ Berbeda, karena syarat dan lingkungan berbeda. Fungsional menekan persyaratan yang lebih sederhana dan sementara ini hanya berlaku untuk PNS. �¢���¢ Jabatan fungsional dapat meningkatkan profesionalisme karena pengangkatan ditentukan oleh jenjang pendidikan dan kinerja. g. Mewujudkan Profesionalisme Pustakawan �¢���¢ Tuntutan akan kualitas pustakawan profesional yang memiliki keseimbangan antara kompetensi profesional dan kompetensi individu. �¢���¢ Penyelenggara program studi ilmu perpustakaan dan informasi lebih memahami dan dekat dengan masyarakat luas. �¢���¢ Kurikulum didisain dan dikaji untuk memastikan memenuhi standar, artinya bukan sekedar memenuhi tuntutan pasar (quality assurance) �¢���¢ Tantangan tersendiri untuk menyiapkan generasi pustakawan profesional yang memiliki komitmen, menjiwai profesinya serta terlibat dalam kegiatan organisasi profesi sebagian dari tanggung jawab profesionalisme. Kesimpulan Dari uraian diatas maka dapat diambil kesimpulan yaitu : �¢���¢ peran serta informasi Perpustakaan akan menjadikan pustakawan yang profesional dalam bekerja. �¢���¢ akan mengundang banyak pengunjung yang datang ke perpustakaan karena informasinya bagus dan lengkap. �¢���¢ Seorang pustakawan akan lebih bertanggung jawab dan berpotensi dalam pengelolaan atau pelayanan perpustakaan. Kamil, Harkrisyati. 2008. Pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Sebagai Gerbang Menuju Profesionalisme Pustakawan. Dalam Seminar Peran Serta Ilmu Informasi dan Perpustakaan Dalam Penataan diri Untuk Meraih Kualitas Unggul. 23 Oktober 2008

Item Type: Article
Subjects: Makalah
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:48
Last Modified: 16 Nov 2016 07:48
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/11698

Actions (login required)

View Item View Item