SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA AUSRANSI PADA PT. ASURANSI PRISMA INDONESIA

Andi Rahman, Raden (2008) SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA AUSRANSI PADA PT. ASURANSI PRISMA INDONESIA.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Permintaan Kebutuhan masyarakat akan layanan jasa asuransi selamanya akan mengalami peningkatan secara terus menerus. Kebutuhan masyarakat akan layanan asuransi mungkin tidak selamanya tetap, maka dari itu dibutuhkan inovasi dalam menangkap permintaan masyarakat akan layanan jasa asuransi. Asuransi adalah kesejahteraan masyarakat yang merupakan perencanaan keuangan untuk mempersiapkan sesuatu kejadian yang tidak diharapkan. PT. Asuransi Prisma Indonesia adalah perusahaan yang secara langsung melayani kebutuhan masyarakat untuk pelayanan dibidang jasa asuransi kendaraan bermotor, jenis kendaraan yang dapat diasuransikan adalah kendaraan roda dua dan roda empat dengan ketentuan syarat kendaraan minimal diatas tahun 1990. Data yang harus diolah serta diinformasikan pada PT Asuransi Prisma Indonesia cukup banyak, sementara proses-proses pengolahan data di PT. Asuransi Prisma Indonesia pada umumnya masih menggunakan cara manual. Hal tersebut kerap menimbulkan masalah, baik dalam hal pengelolaan data, penyampaian informasi, perhitungan ataupun dalam perumusan laporan. Sistem informasi Asuransi yang dibangun diharapkan dapat membantu pegawai Asuransi Prisma Indonesia dalam mengolah dan menyimpan data serta memberikan kemudahan dalam merumuskan laporan. Metode yang digunakan dalam pembangunan sistem informasi pelayanan jasa Asuransi ini adalah menggunakan metode waterfall dan memanfaatkan beberapa alat bantu perancangan sistem seperti flowmap, diagram konteks, data flow diagram, sedangkan untuk perancangan database alat bantu yang digunakan adalah normalisasi, entity relational diagram, dan tabel relasi. Perangkat lunak yang digunakan yaitu Borland Delphi 7 untuk membangun desain aplikasi dan SQL Server 2000 untuk membangun database Asuransi. Sistem informasi pelayanan jasa Asuransi dibangun sebagai solusi dari permasalahan yang timbul ketika sistem yang sedang berjalan masih menggunakan cara manual. Sistem informasi Asuransi mampu mengolah data dengan tepat sasaran, sehingga dapat meningkatkan kinerja pegawai Asuransi Prisma Indonesia, mempercepat proses pendaftaran nasabah, pengajuan dan pembayaran klaim asuransi, mengefisienkan tempat penyimpanan datanya serta dapat menghasilkan laporan yang dibutuhkan dengan mudah dan akurat sehingga pengambilan keputusan juga dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:48
Last Modified: 16 Nov 2016 07:48
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/11776

Actions (login required)

View Item View Item