PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI RESTORAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN LAYANAN BAGI PEGAWAI DAN KONSUMEN STUDI KASUS : RUMAH MAKAN SULAWESI

Tumimomor, Reynes (2008) PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI RESTORAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN LAYANAN BAGI PEGAWAI DAN KONSUMEN STUDI KASUS : RUMAH MAKAN SULAWESI.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

ABSTRAK Restoran adalah suatu tempat atau bangunan yang diorganisasi secara komersial. Restoran memberikan pelayanan jasa yang berupa pemesanan makanan dan minuman. Tujuan operasi restoran adalah untuk mencari untung, selain itu membuat puas para tamu dengan pelayanan juga termasuk tujuan utama operasi restoran. Rumah Makan Sulawesi merupakan salah satu restoran yang memberikan pelayanan jasa yang terbaik untuk para tamu. Restoran ini sudah mempunyai sistem informasi yang digunakan untuk memberikan pelayanan jasa yang terbaik untuk para tamunya. Sistem yang digunakan sekarang masih mempunyai beberapa hal yang bisa diperbaiki untuk memberikan jasa yang lebih baik lagi untuk para tamu. Masalah yang bisa terjadi pada sistem sekarang adalah antrian pelayan untuk memesan di komputer pesanan dan pemborosan kertas. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk merancang sistem informasi restoran beserta aplikasi pendukungnya dan untuk mengetahui respon para user. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode Prototype. Metode analisis sistem yang digunakan adalah UML. Metode penelitian yang digunakan adala deskriptif. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan studi pustaka. Pembangunan perangkat lunak pendukung sistem menggunakan Visual Basic 2005 sebagai aplikasi front-end dan SQL Server 2005 sebagai aplikasi back-end. Sistem informasi yang dibangun menggunakan teknologi client-server ini dapat membantu pelayanan jasa untuk berjalan lebih cepat. Pengolahan data dilakukan secara otomatis yang tersambung dari tiap aplikasi. Aplikasi pendukung sistem ini dibuat dengan tampilan yang bisa memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi secara mudah. Hasil pengujian kuesioner kepada pegawai dan konsumen menyatakan bahwa aplikasi program tergolong �¢����Sangat Baik�¢����.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:48
Last Modified: 16 Nov 2016 07:48
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/11843

Actions (login required)

View Item View Item