KAJIAN TERHADAP PERILAKU BELAJAR GUGUSKENDALI MUTU DITINJAU DAR1 KONSEPPERILAKU BELAJAR ORGANISASI

Indras Palupi, Crescentia (2000) KAJIAN TERHADAP PERILAKU BELAJAR GUGUSKENDALI MUTU DITINJAU DAR1 KONSEPPERILAKU BELAJAR ORGANISASI.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perubahan lingkungan bisnis yang dinamis menuntut organisasi untuk selalu menyesuaikan diri pada perubahan tersebut. Untuk itu, sebuah organisasi hams lebih progresif, mampu melakukan integrasi secara internal dengan melaksanakan penyempurnaan secara terus menerus sekaligus inovatif.Penopang keunggulan bersaing sebuah organisasi adalah keunggulannya dalam belajar, yang merupakan proses yang mendasari dan melahirkan perubahan. Dengan demikian, sebuah organisasi harus dikembangkan sedemikian rupa sehingga menjadi organisasi pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku belajar Gugus Kendali Mutu (GKM). Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukanperbandingan antara perilaku belajar unit-unit kerja yang menjadi GKM dengan perilaku belajar unit-unit kerja yang bukan GKM. GKM dinilai sebagai kelompok kecil yang secara berkesinambungan melakukan proses pembelajaran di dalam suatu organisasi. Kajian terhadap perilaku belajar GKM-GKM ini didasarkan pada kondisi Perilaku Belajar Organisasi yang dijelaskan ke dalam lima dimensi, yaitu: Keterbukaan, Visi bersama, Kreativitas, Bekerja dalam kelompok dan Berpikir sistem.Dari kedua kasus penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan perilaku belajar antara unit kerja yang merupakan GKM dan yang bukan GKM. Namun demikian, perbedaan tersebut hanya dapat dijelaskan oleh dimensi Keterbukaan dan dimensi Bekerja dalam kelompok. DimensiBekerja dalam kelompok menjadi variabel pembeda yang paling dominan, karena erbukti keberadaannya sebagai variabel pembeda perilaku belajar.

Item Type: Article
Subjects: Collections > Koleksi Perpustakaan Di Indonesia > Perpustakaan Di Indonesia > JBPTITBPP > S2-Theses > Management And Planning > Industrial Management > 1998
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:34
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/119

Actions (login required)

View Item View Item