STUDI PEMAKAIAN AGREGAT LIMBAH MARMER SEBAGAI PENGGANTI AGREGAT KASAR PADA BETOK (KOMUNITAS BIDANG ILMU: REKAYASA STRUKTUR)

Zaenal Qurnia, Ecep (2008) STUDI PEMAKAIAN AGREGAT LIMBAH MARMER SEBAGAI PENGGANTI AGREGAT KASAR PADA BETOK (KOMUNITAS BIDANG ILMU: REKAYASA STRUKTUR).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sumber daya alam di Indonesia sangatlah melimpah khususnya di daerah jawa barat dan kita harus menggunakannya sebijak mungkin, untuk itu penulis ingin memanfaatkan kekayaan itu, khususnya dalam ilmu teknologi beton yang menggunakan material seperti pasir sebagai agregat halus, kerikil atau batu pecah sebagai agregat kasar, air, dan bahan perekat (semen). Penulis disini mencoba untuk mengganti salah satu material beton, penggantinya adalah limbah marmer sebagai agregat kasar. Karena limbah marmer tersebut mencapai jumlah puluhan juta ton didaerah asalnya yaitu pertambangan batu marmer di Citatah Tagog Apu Padalarang kabupaten Cimahi [Tushadi, 1990]. Penelitian ini menggunakan campuran beton (Mix Design) dengan metode SK SNI-15-1990-30 atau ACI-211.1-9 untuk merencanakan campuran dan pengujian beton K-275. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa beton dengan menggunakan limbah marmer sebagai pengganti agregat kasar, pada umur 28 hari menghasilkan kuat tekan beton 10,08% lebih kuat dari kuat tekan beton yang direncanakan begitu juga dengan kuat lentur beton, pada umur 28 hari menghasilkan kuat lentur beton 13,33% lebih kuat dari kuat lentur beton yang direncanakan. selain itu juga harga limbah marmer lebih ekonomis.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:48
Last Modified: 16 Nov 2016 07:48
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/11911

Actions (login required)

View Item View Item