PENDEKATAN NILAI KEPADATAN DAN DAYA DUKUNG TANAH KOHESIF DI LAPANGAN MENGGUNAKAN ALAT UJI RESISTIVITY METER (TAHANAN JENIS)/GEOLISTRIK (Komunitas Bidang Ilmu : Rekayasa Geoteknik)

Ramadhan Yanto, Bambang (2008) PENDEKATAN NILAI KEPADATAN DAN DAYA DUKUNG TANAH KOHESIF DI LAPANGAN MENGGUNAKAN ALAT UJI RESISTIVITY METER (TAHANAN JENIS)/GEOLISTRIK (Komunitas Bidang Ilmu : Rekayasa Geoteknik).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Geolistrik merupakan salah satu metoda geofisika untuk mengetahui perubahan tahanan jenis lapisan batuan di bawah permukaan tanah dengan cara mengalirkan arus listrik DC ('Direct Current') ke dalam tanah. pada dasarnya, kandungan air pada tanah memiliki sifat elektrolite yang dapat menghantarkan listrik. kadar air suatu tanah adalah salah satu faktor yang mempengaruhi nilai kepadatan dan daya dukung tanah kohesif (dalam hal ini tanah dangkal). sehingga apabila dihubungkan didapatkan nilai Resistivitas tanah, yaitu suatu nilai perlawanan jenis tanah terhadap tegangan listrik yang diberikan oleh resistivity meter. dengan kata lain, pendekatan nilai kepadatan dan daya dukung tanah (dangkal) dapat diuji mengunakan Resistivity meter (tahanan jenis/ Geolistrik). dengan serangkaian pengujian laboratorium yang menjadi data korelasi, maka nilai kepadatan dan daya dukung tanah (dangkal) secara langsung di lapangan dapat diketahui.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:48
Last Modified: 16 Nov 2016 07:48
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/11929

Actions (login required)

View Item View Item