SISTEM INFORMASI PEMBUATAN MARKETING PLAN PADA YAMAHA CICADAS GROUP

Trie Kusuma Wardhanie, Irma (2009) SISTEM INFORMASI PEMBUATAN MARKETING PLAN PADA YAMAHA CICADAS GROUP.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Yamaha Cicadas Group merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang otomotif yaitu penjualan unit motor ataupun sparepart produk Yamaha, dimana pada proses pembuatan marketing plan yang sedang berjalan saat ini kurang mencapai sasaran dalam meningkatkan penjualan unit motor Yamaha, dikarenakan pembuatan jadwal kerja ditentukan oleh kesepakatan antar marketing berdasarkan hasil briefing, sehingga memerlukan waktu yang cukup lama dan mengakibatkan keterlambatan dalam informasi yang akan diberikan kepada karyawan, hal ini mengakibatkan pula terjadinya redudansi data staff marketing untuk penempatan pada lokasi pameran (area control) yang berbeda dengan waktu yang sama. Selain itu lokasi (area control) yang ditentukan untuk diadakan suatu pameran kurang strategis dengan rata-rata pengunjung yang datang pada lokasi tersebut tidak banyak sehingga berpengaruh pada tingkat penjualan unit motor Yamaha. Permasalahan yang terjadi pada bagian supervisor marketing, laporan prospek pameran dan laporan penjualan yang diterima oleh pimpinan seringkali mengalami keterlambatan karena tingkat efektifitas pengolahan data admin terhambat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meminimalisir kesalahan dalam penyampaian informasi pembuatan marketing plan dan memudahkan serta memberikan kenyamanan kepada user dalam menggunakan aplikasi perangkat lunak. Metodologi yang digunakan dalam sistem pengolahan data yaitu teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi serta studi dokumentasi, sedangkan Metode Pengembangan Sistem yang digunakan adalah Paradigma SDLC (System Development LifeCycle). Dimana dalam pembuatan program ini dapat berarti menyusun suatu sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada. Alat bantu dalam Perancangan Sistem yang digunakan adalah dengan Bagan Alir Dokumen, Diagram Konteks, Diagram Alir Data, Kamus Data, ERD (Entity Relationship Diagram) dan Normalisasi. Adapun perangkat lunak pendukung yang digunakan yaitu Borland Delphi versi 7.0 dan Microsoft SQL Server 2000. Pada sistem pengolahan data ini diharapkan dapat membantu memecahkan permasalahan dalam pembuatan marketing plan yaitu pada sistem pemasaran dan sistem pemilihan lokasi pameran (area control). Dengan adanya penyimpanan data yang sudah berbentuk database dan sudah terkomputerisasi maka kemungkinan terjadinya redudansi data pada staff marketing sangat kecil dan dapat meminimalkan kesalahan dan keterlambatan dalam penyampaian informasi, serta dalam proses pembuatan laporan dapat dikerjakan secara tepat, cepat dan akurat. Sehingga hasilnya dapat menunjang kelancaran operasional marketing pada perusahaan dealer Yamaha Cicadas Group Bandung.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:48
Last Modified: 16 Nov 2016 07:48
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/12022

Actions (login required)

View Item View Item