PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI PEMBELAJARAN TUNTUNAN SHALAT UNTUK ANAK �¢���� ANAK BERBASIS MULTIMEDIA

Nurhayati, Neneng (2009) PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI PEMBELAJARAN TUNTUNAN SHALAT UNTUK ANAK �¢���� ANAK BERBASIS MULTIMEDIA.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas, kreatif dan inovatif. Sehingga pendidikan sangat diperlukan. Pendidikan lebih baik diberikan pada anak usia dini, karena pendidikan yang diberikan sejak usia dini dapat mempengaruhi pembentukan sikap, tingkah laku dan pola pikir mereka. Khususnya pendidikan agama, tentang tuntunan shalat. Program aplikasi pembelajaran ini berbasis multimedia. Program aplikasi ini dibuat agar anak-anak merasa senang dan tidak mudah jenuh dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran tentang tuntunan shalat. Karena tampilan dari program aplikasi dibuat semenarik mungkin dengan menggunakan bahasa yang mudah di mengerti dan ditambahkan dengan adanya suara,animasi dan teks sehingga anak-anak merasa sedang bermain sambil belajar. Selain itu, secara tidak langsung dengan adanya program aplikasi ini dapat memperkenalkan teknologi komputer kepada anak- anak. Program aplikasi ini dibuat dengan metode pengembangan sistem yaitu metode prototype. Dan metode pengumpulan data bersumber dari kuisioner. Dimana kuisioner sebagai alat instrument dalam penelitian. Selain itu, pembangunan program aplikasi ini menggunakan metode perancangan berorientasi objek dengan menggunakan UML. Dimana UML merupakan sebuah �¢����bahasa�¢���� yang standar dalam industri untuk visualisasi, merancang, dan medokumentasikan sistem program aplikasi berbasis objek. Implementasi program aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic versi 6.0. Dari penyebaraan kuisioner tersebut dapat disimpulkan bahwa program aplikasi yang dibangun materinya sudah cukup lengkap, program aplikasi ini mudah digunakan oleh anak-anak, tampilannya menarik, proses belajar menjadi lebih menyenangkan, intonasi suara yang dihasilkan mudah dimengerti oleh anak �¢���� anak. Program aplikasi ini juga dapat meningkatkan proses pembelajaran dan motivasi anak untuk belajar shalat, juga meningkatkan kecendrungan anak untuk mulai belajar, tingkat pemahaman anak �¢���� anak untuk belajar meningkat setelah adanya program aplikasi ini dan perkembangan pengguna software meningkat setelah adanya peningkatan anak untuk belajar.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:49
Last Modified: 16 Nov 2016 07:49
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/12139

Actions (login required)

View Item View Item