SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA KERJASAMA PENANAMAN MPTS DI PERUM PERHUTANI UNIT III JAWA BARAT DAN BANTEN KPH BANDUNG UTARA

Cahyadi, Deni (2009) SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA KERJASAMA PENANAMAN MPTS DI PERUM PERHUTANI UNIT III JAWA BARAT DAN BANTEN KPH BANDUNG UTARA.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pengelolaan sumber daya hutan adalah kegiatan yang meliputi penyusunan rencana pengelolaan sumber daya hutan, serta perlindungan sumber daya hutan dan konservasi alam. Permasalahan-permasalahan teknis yang terjadi dalam pengelolaan sumber daya hutan di Perum Perhutani Unit III Jawa Barat dan Banten KPH Bandung Utara pada kegiatan pengolahan datanya adalah proses pengolahan data dan proses pencarian data membutuhkan waktu lama, lamanya proses penyampaian dan penerimaan informasi yang dibutuhkan, dan lamanya proses pembuatan laporan. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah membuat sebuah program aplikasi sistem informasi sumber daya hutan. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode Classis Life Cycle atau Waterfall model, berbasis client/ server yang berorientasi pada data dan pengaplikasiannya dengan menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi 7.0 sebagai aplikasi front end dan Ms. SQL Server 2000 sebagai aplikasi back end. Adapun alat bantu yang digunakan dalam perancangan sistem adalah Bagan Alir Dokumen (Flow Map), Diagram Konteks, Diagram Alir Data (Data Flow Diagram), Kamus Data (Data Dictionary), ERD (Entity Relationship Diagram), dan Normalisasi. Dengan adanya rancangan sistem yang terkomputerisasi, pengolahan data, penyajian informasi, dan pelaporan akan lebih cepat dan efektif. Keamanan data lebih terjamin karena adanya otorisasi terhadap pengguna sistem.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:49
Last Modified: 16 Nov 2016 07:49
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/12190

Actions (login required)

View Item View Item