SISTEM INFORMASI PEMESANAN KAMAR DAN REGISTRASI TAMU PADA HOTEL KARMILA BANDUNG

Krisostomus Merabean, Yohanes (2009) SISTEM INFORMASI PEMESANAN KAMAR DAN REGISTRASI TAMU PADA HOTEL KARMILA BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Hotel Karmila merupakan salah satu hotel melati di Bandung yang memiliki tingkat hunian yang cukup tinggi yaitu antara 50 sampai 100%. Tetapi tingkat hunian itu tidak di dukung dengan suatu system yang mampu menyajikan informasi hotel secara cepat dan akurat dan juga mampu memberikan suatu kenyamanan terhadap data yang di olah, sehingga arsip-arsipnya tidak tersimpan dengan baik dan terkadang ada data yang hilang serta adanya penggelapan keuangan hotel oleh karyawan. Oleh karena itu perlu adanya suatu sistem komputerisasi yang dapat membantu dalam pengolahan dan pemeliharaan data yang dimiliki hotel, sehingga dapat menghemat waktu dan meningkatkan keakuratan informasi hasil pengolahan data hotel. Untuk mengatasi permasalahan yang ada pada hotel Karmila Bandung. Penulis membangun suatu sistem informasi pemesanan kamar dan registrasi tamu berbasis client server dengan mengunakan metode prototype . Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Wawancara merupakan teknik pengumpulan data untuk mendapatkan data yang dibutuhkan dengan cara tanya jawab langsung dengan responden. Kuesioner merupakan suatu teknik pengumpulan data dengan membuat pertanyaan yang dibagikan kepada responden. Pembuatan sistem ini juga memanfaatkan beberapa alat bantu perancangan sistem seperti flowmap, diagram konteks, data flow diagram, sedangkan untuk perancangan databasenya digunakan alat bantu seperti normalisasi, entity relational diagram, dan table relasi. Perangkat lunak yang digunakan untuk membangun sistem ini adalah Visual Basic 6.0 dan SQL Server untuk membangun databasenya. Sistem informasi yang dibangun oleh penulis diharapkan dapat digunakan untuk mengolah data yang ada, dimulai pada saat pendaftaran sampai proses check out tamu , sehingga dapat mempermudah dalam proses pencarian data, dan juga mempermudah dalam proses pembuatan laporan, sehingga dapat meningkatkan kualitas kerja karyawan hotel dan juga meningkatkan mutu pelayanan hotel.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:49
Last Modified: 16 Nov 2016 07:49
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/12198

Actions (login required)

View Item View Item