Pembangunan Aplikasi Trayek Dan Pemanfaatan Global Positioning System (GPS) Tracker Pada Bus Damri Di Kota Bandung Berbasis Android

Dzulfahmi, Egy (2016) Pembangunan Aplikasi Trayek Dan Pemanfaatan Global Positioning System (GPS) Tracker Pada Bus Damri Di Kota Bandung Berbasis Android.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perum DAMRI bergerak dalam bidang pelayanan jasa angkutan orang dan barang diatas jalan. Salah satu pelayanannya adalah angkutan bus kota, sebuah moda transportasi perkotaan yang merujuk kepada kendaraan umum dengan rute yang sudah ditentukan. Sampai saat ini, belum adanya sistem informasi mengenai trayek dan lokasi keberadaan bus DAMRI mengakibatkan penumpang menunggu cukup lama di halte ditambah lagi dengan kondisi lalu lintas di Kota Bandung yang cukup padat dengan kemacetan yang tidak diprediksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang program yang berfungsi memberikan informasi umum mengenai trayek dan lokasi keberadaan bus DAMRI dengan memanfaatkan Global Positioning System (GPS) Tracker dan Google Maps API yang dapat di akses melalui smartphone berbabis android oleh masyarakat pengguna transportasi umum bus DAMRI. Dibangunnya aplikasi ini diharapkan dapat membantu pengguna bus DAMRI mengetahui lokasi keberadaan bus sehingga tanpa harus menunggu lama di halte. Hasil dari penelitian ini adalah sebesar 70.67% dari hasil tersebut dapat simpulkan pengguna bus menganggap dapat membantu pengguna dalam mengetahui trayek-trayek dan lokasi keberadaan bus sehingga pengguna tidak perlu lama-lama menunggu kedatangan bus di halte.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Smartphone, Android, Global Positioning System (GPS) Tracker, Google Maps, Bus DAMRI
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:34
Last Modified: 16 Nov 2016 07:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item View Item