SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN DAERAH JAWA BARAT

Esa Buana, Hanes (2009) SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PERPUSTAKAAN DI PERPUSTAKAAN DAERAH JAWA BARAT.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Badan Perpustakaan Daerah Jawa Barat adalah Meningkatkan SDM berbasis kompetensi perpustakaan, dokumentasi dan informasi serta menguasai IPTEK dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pelanggan perpustakaan.. Sistem Informasi Pengolahan Data Perpustakaan di Perpustakaan Daerah Jawa Barat merupakan suatu sistem informasi yang diperuntukkan untuk mengelola dan menyimpan data-data hasil peminjaman dan pengembalian buku. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan adalah metode peninjauan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Sedangkan tahap pengembangan sistem menggunakan waterfall. Pada tahap analisis dilakukan penggambaran prosedur sistem yang sedang berjalan, sehingga sistem tersebut dapat dievaluasi kekurangan dan kelebihannya untuk pembuatan sistem yang baru. Metode aliran data yang digunakan adalah metode terstruktur yang terdiri dari Data Flow Diagram (DFD) dalam menggambarkan model fungsional. Berdasarkan Sistem Informasi Pengolahan Data Perpustakaan di Perpustakaan Daerah Jawa Barat yang dalam proses pengolahan datanya masih banyak proses yang sifatnya komputerisasi sehingga diharapkan dapat mempercepat dalam pengolahan datanya. Hasil dari pembuatan sistem informasi pengolahan data perpustakaan ini dapat membantu dalam proses pengolahan data peminjaman dan pengembalian buku sehingga mampu meningkatkan kinerja perusahaan.

Item Type: Article
Subjects: D3 Tugas Akhir > Teknik Informatika > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:49
Last Modified: 16 Nov 2016 07:49
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/12341

Actions (login required)

View Item View Item