PERANAN PERENCANAAN TENAGA KERJA SEBAGAI DASAR DALAM PENYUSUNAN PROGRAM PENGEMBANGAN PEGAWAI PADA PT. INDONESIA POWER UBP. SAGULING

Kusnadi, Indriana (2009) PERANAN PERENCANAAN TENAGA KERJA SEBAGAI DASAR DALAM PENYUSUNAN PROGRAM PENGEMBANGAN PEGAWAI PADA PT. INDONESIA POWER UBP. SAGULING.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perencanaan Tenaga Kerja adalah suatu proses peramalan, pengembangan, pengimlementasian, dan pengontrolan yang menjamin perusahaan mempunyai kesesuaian jumlah pegawai, penempatan pegawai secara benar, waktu yang tepat, yang secara ekonomis dan lebih bermanfaat. Sedangkan pengembangan pegawai adalah proses dan kegiatan mempersiapkan seorang karyawan untuk menduduki jabatan dalam organisasi atau perusahaan yang dilakukan di masa mendatang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peranan perencanaan tenaga kerja dalam sebuah perusahaan dan apakah terdapat korelasi antara perencanaan dan pengembangan pegawai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perencanaan tenaga kerja pada PT. Indonesia Power UBP. Saguling, (2) Pengembangan pegawai pada PT. Indonesia Power UBP. Saguling, (3) Peranan Perencanaan tenaga kerja dalam penyusunan program pengembangan pegawai pada PT. Indonesia Power UBP. Saguling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, metode penelitian deskriptif dan verifikatif. populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang supervisor, diambil dengan teknik sampel rondom. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan kuesioner. Pengolahan data menggunakan program Excel dan SPSS 14 For Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan tenaga kerja yang dilakukan PT. Indonesia Power UBP. Saguling, berada pada kategori baik, sedangkan Pengembangan pegawai yang dilakukan PT. Indonesia Power UBP. Saguling berada pada kategori sangat baik. Adapun peranan perencanaan tenaga kerja terhadap program pengembangan pegawai dengan kontribusi sebesar 85,9%, sedangkan 14,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dalam uji hipotesis diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t table, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya perencanaan tenaga kerja mempunyai peranan yang signifikan dalam penyusunan program pengembangan pegawai.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:49
Last Modified: 16 Nov 2016 07:49
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/12505

Actions (login required)

View Item View Item