PENGARUH MODAL KERJA BRUTO TERHADAP TINGKAT RETURN ON INVESTMENT (ROI) PADA PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA BARAT DAN BANTEN PERIODE 2003-2007

Amas Lesmana, Eri (2009) PENGARUH MODAL KERJA BRUTO TERHADAP TINGKAT RETURN ON INVESTMENT (ROI) PADA PT. PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA BARAT DAN BANTEN PERIODE 2003-2007.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Manajemen sebagai pengelola perusahaan berkewajiban untuk menentukan langkah yang harus diambil sehingga tujuan perusahaan akan tercapai. Salah satunya dalam mengelola keuangan perusahaan baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Hal tersebut selalu berkaitan dengan kegiatan perusahaan sehari-hari, termasuk didalamnya pengelolaan modal kerja. Salah satu konsep modal kerja adalah kuantitatif. Dalam konsep ini menganggap bahwa modal kerja adalah keseluruhan jumlah aktiva lancar (Modal kerja Bruto).Dengan adanya pengelolaan modal kerja yang baik, maka tingkat Return On Investment(ROI) akan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan modal kerja bruto pada PT. PLN (persero) Distribusi Jabar dan Banten, perkembangan Return On Investment(ROI) pada PT. PLN (persero) Distribusi Jabar dan Banten, dan pengaruh modal kerja bruto terhadap Return On Investment (ROI) pada PT. PLN (persero) Distribusi Jabar dan Banten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dimana metode tersebut dibagi dalam metode deskriptif dan kuantitatif yaitu data yang berbentuk angka, sehingga dengan menggambarkan pembahasan yang lebih banyak berhubungan dengan rumus yang bersumber dari laporan keuangan. Berdasarkan penelitian penulis, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Modal kerja bruto Terhadap Return On Investment(ROI). Tingkat keeratan hubungan (korelasi) kedua variabel sangat erat, yaitu r = 0,836 dengan nilai korelasi positif. Maksudnya adalah bila modal kerja bruto meningkat, maka Return On Investment(ROI) meningkat, begitu juga dengan sebaliknya. Tingkat pengaruh yang terjadi adalah sebesar 69,9% dan sisanya sebesar 30,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:49
Last Modified: 16 Nov 2016 07:49
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/12506

Actions (login required)

View Item View Item