PENGARUH MODAL SENDIRI TERHADAP RENTABILITAS (DENGAN MENGGUNAKAN RETURN ON EQUITY (ROE)) PADA KOPERASI PRIMKOPAD RUMKIT TK.II 03.05 01 DUSTIRA

Ciwin Utami, Dwi (2009) PENGARUH MODAL SENDIRI TERHADAP RENTABILITAS (DENGAN MENGGUNAKAN RETURN ON EQUITY (ROE)) PADA KOPERASI PRIMKOPAD RUMKIT TK.II 03.05 01 DUSTIRA.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian dilakukan pada Koperasi PRIMKOPAD RUMKIT TK.II 03.05 01.DUSTIRA, yaitu Koperasi yang bergerak dalam bidang serba usaha. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana modal sendiri, bagaimana rentabilitas (Dengan menggunakan ROE) , dan bagaimana pengaruh pengaruh modal sendiri terhadap rentabilitas (Dengan menggunakan Return On Equity (ROE)) pada koperasi PRIMKOPAD RUMKIT TK.II 03.05 01 DUSTIRA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan modal sendiri pada koperasi menunjukkan kondisi baik dikarenakan peningkatan pendapatan dari tahun ketahun. Rasio rentabilitas modal sendiri menunjukkan kondisi yang baik dikarenakan kebijakan nilai minimun Rentabilitas Modal Sendiri sebesar 25% telah tercapai tetapi pernah terjadi penurunan pada tahun 2006. Sedangkan untuk mengetahui besarnya pengaruh modal sendiri (variabel X) terhadap tingkat rentabilitas (variabel Y) menggunakan Analisis Regresi Sederhana. Hubungan kedua variabel ditunjukkan melalui Koefisien Korelasi Pearson, dan untuk mengetahui seberapa besar konstribusi antar variabel menggunakan rumus Koefisien Determinasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan statistik uji t dua pihak .Berdasarkan analisis statistik, pengolahan data dengan menggunakan program SPSS versi 13.0 for windows menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan negatif antara variabel independen dan variabel dependen, artinya terdapat pengaruh yang signifikan atas modal sendiri terhadap rentabilitas (Dengan menggunakan Return On Equity (ROE)).

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:49
Last Modified: 16 Nov 2016 07:49
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/12548

Actions (login required)

View Item View Item