PENGARUH TINGKAT LIKUIDITAS TERHADAP EKSPANSI KREDIT PADA UNIT SIMPAN PINJAM KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) DIKLAT PU WILAYAH II BANDUNG

Iriyanti, Endang (2009) PENGARUH TINGKAT LIKUIDITAS TERHADAP EKSPANSI KREDIT PADA UNIT SIMPAN PINJAM KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) DIKLAT PU WILAYAH II BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Persaingan ketat diantara bank dan lembaga keuangan lainnya, membuat koperasi berusaha keras untuk dapat memberikan jasa penyimpanan dan peminjaman kepada anggotanya. Untuk dapat memberikan pinjaman tersebut, koperasi memerlukan tingkat likuiditas yang baik. Karena suatu badan usaha, termasuk koperasi, harus mempertimbangkan tingkat likuiditasnya sebelum melakukan ekspansi kredit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan penggunaan metode ini adalah untuk memberikan gambaran secara sistematis mengenai tingkat likuiditas dan ekspansi kredit dengan menggunakan data dalam bentuk angka agar bisa dihitung. Tingkat likuiditas dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan metode loan to deposit ratio (LDR). Hasil analisis regresi linier sederhana, korelasi pearson, koefisien determinasi, analisis uji t, dan SPSS 12.0 for windows, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara tingkat likuiditas terhadap ekspansi kredit. Dimana, semakin tinggi tingkat likuiditas, maka semakin tinggi pula ekspansi kredit yang dapat dilakukan. Begitu pun sebaliknya, semakin rendah tingkat likuiditas, maka akan semakin rendah pula ekspansi kredit yang dapat dilakukan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa tingkat likuiditas berpengaruh terhadap ekspansi kredit. Karena, tingkat likuiditas akan menentukan seberapa banyak jumlah uang yang dapat disalurkan kepada anggota untuk melakukan ekspansi kredit pada Unit Simpan Pinjam Koperasi Pegawai Republik Indonesia Diklat PU Wilayah II Bandung.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:49
Last Modified: 16 Nov 2016 07:49
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/12551

Actions (login required)

View Item View Item