PERANAN SIMPANAN MASYARAKAT DALAM MENUNJANG PEMBERIAN KREDIT PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK (Studi Kasus Pada PT. BRI (Persero) Tbk yang Terdaftar Di BEJ)

Firmansyah, Deri (2009) PERANAN SIMPANAN MASYARAKAT DALAM MENUNJANG PEMBERIAN KREDIT PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK (Studi Kasus Pada PT. BRI (Persero) Tbk yang Terdaftar Di BEJ).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Simpanan masyarakat merupakan dana yang dipercayakan oleh masyarakat kepada bank berdasarkan perjanjian penyimpan dana dalam bentuk giro, tabungan, deposito, sertifikat deposito dan atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu, untuk kemudian diusahakan oleh bank dengan cara disalurkan kembali ke masyarakat melalui kredit. Simpanan masyarakat ini akan berperan dalam menunjang pemberian kredit yang disalurkan Bank. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif dan analisis statistik dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui besarnya peranan simpanan masyarakat dalam menunjang pemberian kredit dan menggunakan Korelasi Pearson untuk mengetahui kuat atau tidaknya hubungan antara simpanan masyarakat dengan pemberian kredit serta menggunakan rumus Koefisien Determinasi untuk mengetahui seberapa besar kontribusi variabel. Maka diketahui bahwa simpanan masyarakat berperan dalam menunjang pemberian kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Hubungan antara kedua variabel sangat penting dan searah, dimana jika simpanan masyarakat naik maka pemberian kreditpun akan naik, dan sebaliknya. Simpanan masyarakat memberikan kontribusi yang besar pada PT. Bank Rakyat Indonesia dalam menjalankan kegiatan operasinya sebagai penghimpun dan penyalur dana dan hasil penelitian memberikan fakta empiris bahwa simpanan masyarakat mempunyai peranan penting dalam menunjang kegiatan penyaluran dana dalam bentuk kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2008
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:49
Last Modified: 16 Nov 2016 07:49
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/12624

Actions (login required)

View Item View Item